Jumat, 24 November 2017 – 12:36 WIB

Jean-Paul Bell Dokter Badut Penghibur Pasien Anak dan Lansia di Sydney

Senin, 06 November 2017 – 08:00 WIB
Jean-Paul Bell Dokter Badut Penghibur Pasien Anak dan Lansia di Sydney - JPNN.COM

Jean-Paul Bell telah menghabiskan beberapa dekade terakhir untuk menghibur anak-anak dan orang tua di fasilitas perawatan kesehatan.

Tapi pada usia 66, ia kembali ke panggung dan merek komedi yang pertama kali membuatnya jatuh cinta.

"Saya memiliki dorongan untuk kembali ke pekerjaan ini, ke awal komik mime saya," katanya kepada ABC.

"Mime adalah bahasa universal.

"Kami membutuhkan badut di dunia ini, dan Anda melihat bagaimana orang melakukannya dengan sangat buruk - Presiden Amerika Serikat saat ini [misalnya].

"Anda hanya butuh para profesional untuk keluar dan mengambil alih lagi."

Pendiri Clown Doctor
Dokter Badut Australia asli Dr Peter Spitzer (kiri) dan Jean-Paul Bell.

Supplied: The Humour Foundation

Jean-Paul Bell telah menjadi aktor dan komedian selama lebih dari 50 tahun.

Dia terkenal sebagai pendiri Yayasan Humor dan Dokter Badut (Humour Foundation and Clown Doctors), yang merayakan ulang tahun ke-20 mereka awal tahun ini.

Membantu para lansia tertawa

Jean-Paul Bell juga turut mendirikan dan telah menjadi direktur kreatif Institut Kesehatan Seni sejak tahun 2011, yang berfokus pada upaya membantu orang lanjut usia, terutama mereka yang hidup dengan demensia, untuk tertawa.

Dia mengundurkan diri dari peran tersebut dan melangsungkan acara perpisahan pada acara sebuah terbuka pada hari Jumat (3/11/2017).

Satu wawasan yang dia dapatkan dari karyanya di institut tersebut adalah betapa kreatifnya orang tua penderita demensia, terutama dengan seni visual atau tarian.

"Demensia sedikit mirip dengan kata kanker - setiap orang berlari menuju pintu keluar atau tiba-tiba menjatuhkan orang-orang yang telah didiagnosis dengan satu jenis kanker atau lainnya," kata Jean-Paul Bell.

"Hidup dimaksudkan untuk dijalani dan kita sering meninggalkan orang yang kita cintai ke dalam sebuah institusi seperti fasilitas perawatan warga lanjut usia, tanpa berpikir bahwa mereka masih perlu menjalani hidup mereka dan melakukan sesuatu ke depan.

"Ini bukan semata hanya masalah  mengingat siapa dan seperti apa anda dahulu atau apa yang Anda lakukan, tapi ini soal apa yang akan Anda lakukan besok saat Anda bangun."

Kekuatan tawa

dokter badut
Dokter badut menjadi pengunjung tetap RS Sydney sejak tahun 1997, membawakan obat terbaik bagi pasien anak disana, tawa.

Supplied

Apa yang akan terus dibawakan oleh Jean-Paul Bell ke hadapan penontonnya dalam tahap berikut dalam karirnya adalah kepercayaannya pada kekuatan penyembuhan dari tertawa. 

Dia saat ini tengah menyiapkan sebuah acara baru bernama Just Desserts, yang lebih "badut vaudeville [pertunjukan yang menggabungkan acrobat, sulap, kuliah dan lain-lain] ketimbang sirkus badut".

"Saya memainkan karakter yang disebut Astor Mascarpone dan dia sudah pasti sosok anak laki-laki pencinta banyak makanan pencuci mulut," kata Bell.

"Dia sangat bulat dan gemuk ... sumber keceriaan di rumah."

Pertunjukan "non-verbal" akan ditayangkan perdana di Woodford Folk Festival pada tanggal 26 Desember.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.

 
SHARES
Komentar