Jembatan Selat Sunda Terpanjang di Dunia

Jembatan Selat Sunda Terpanjang di Dunia
Jembatan Selat Sunda Terpanjang di Dunia
BANDUNG- Jika jembatan Selat Sunda jadi dibangun, maka jembatan yang rencannya membentang sekitar 2,2 kilometer ini akan menjadi jembatan terpanjang di dunia. Saat ini jembatan terpanjang dimiliki oleh Jepang.

 “Jika sudah jadi, jembatan ini akan menjadi jembatan dengan bentang terpanjang di dunia. Hal ini diyakininya sebagai tantangan yang bisa diwujudkan dengan adanya sinergis elemen bangsa, salah satunya diharapkan civitas akademik dan elemen-elemen lainnya. Salah satunya dengan forum diskusi seperti ini yang diharapkan dapat menjadi wadah informasi dan sumbang saran bagi pengembangan kawasan,” ujar Wakil Menteri (Wamen) Pekerjaan Umum (PU) Hermanto Dardak akhir pekan lalu.

 

Dikatakannya, meski masih dalam tahap perencanaan, namun pemerintah sudah merinci pembiayaan, “Kita memaksimalkan biaya dari swasta sedangkan pemerintah sifatnya hanya memfasilitasi dan sebagai pemilik otoritas tetap oleh publik,”, paparnya.

 

Sementara itu, Rektor ITB Prof Akhmaloka menyebutkan jika pembangunan jembatan Selat Sunda ini sudah ada sejak tahun 1960-an. “Ini sebagai upaya agar Pulau Jawa dan Sumatra ini segera terkoneksi dengan adanya Jembatan Selat Sunda. Meskipun diskusi ini terdapat kebaikan dan keburukannya itu hal biasa karena pasti ada pro-kontranya,” tuturnya.

 

BANDUNG- Jika jembatan Selat Sunda jadi dibangun, maka jembatan yang rencannya membentang sekitar 2,2 kilometer ini akan menjadi jembatan terpanjang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News