Jenderal Andika: Tantangan untuk Pak Yudo Margono Banyak

Jenderal Andika: Tantangan untuk Pak Yudo Margono Banyak
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono saat memberikan keterangan pers di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (1/12/2022). ANTARA/Syaiful Hakim

jpnn.com - JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono akan menghadapi banyak tantangan saat menjabat Panglima TNI nanti.

Hal itu diungkap Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa di sela-sela melepas Satuan Tugas Mantime Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL TA 2022 di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (1/12).

"Tantangan untuk Pak Yudo banyak karena memang masalah itu selalu ada. Itu, kan, teori organisasi. Jadi,  ruang perubahan, ruang perbaikan pasti selalu ada," kata Jenderal Andika.

Menurut dia, Presiden Jokowi yang memercayakan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI, tentu sudah memiliki berbagai pertimbangan.

“Ini pasti sudah melalui berbagai pertimbangan yang presiden yakini  bahwa Pak Yudo akan mampu menjadi panglima. Itu saja, ya,” ungkapnya.

Jenderal Andika mengaku tidak memberikan masukan kepada Presiden Jokowi terkait calon Panglima TNI untuk menggantikannya. "Oh tidak, tidak. Itu presiden yang memutuskan, pasti presiden lebih tahulah," tuturnya.

Ketika ditanyakan apakah akan mengantar Laksamana TNI Yudo Margono untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan ke Komisi I DPR, Andika mengatakan tidak karena khawatir akan mengganggu kesiapan Yudo.

"Jadi, saya ingin Kasal ini fokus 'fit and proper test' besok, kalau saya datang malah mengganggu waktunya. Makanya saya mendoakan semoga Mas Yudo sukses," tutur mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu.

Jenderal Andika menyebut Laksamana Yudo Margono akan menghadapi banyak tantangan saat menjabat Panglima TNI nanti.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News