Jepang Digoyang Gempa, Tsunami 1 Meter Melanda

Jepang Digoyang Gempa, Tsunami 1 Meter Melanda
Jepang Digoyang Gempa, Tsunami 1 Meter Melanda
TOKYO - Sebuah gempa kuat yang berpusat di timur laut Jepang, Jumat (7/12) telah mengguncang negeri Matahari Terbit itu. Getaran dirasakan masih sangat kuat hingga Tokyo yang letaknya sangat jauh dari pusat gempa. Tsunami setinggi satu meter juga terjadi di wilayah Fukushima yang tahun lalu luluh lantak akibat gempa.

Dari catatan  Survei Geologi AS (USGS), gempa itu berkekuatan 7,3 pada skala richter. Namun tidak ada laporan tentang korban tewas akibat gempa itu. USGS juga memastikan tidak ada tsunami yang menyebar pascagempa itu.

Maret tahun lalu, gempa diikuti tsunami telah menewaskan hampir 20 ribu jiwa dan memicu krisis nuklir terburuk di dunia dalam 25 tahun terakhir. Gempa dan tsunami tahun lalu memgakibatkan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima-Daiichi hancur dan mengalami kebocoran hingga radiasinya terpapar di air dan udara.

Sementara pascagempa hari ini, para pekerja di pembangkit listrik Fukushima diperintahkan pindah ke tempat yang lebih tinggi Tokyo Electric Power Co yang menjadi operator PLTN Fukushima melaporkan, tidak ada kerusakan akibat gempa hari ini.

TOKYO - Sebuah gempa kuat yang berpusat di timur laut Jepang, Jumat (7/12) telah mengguncang negeri Matahari Terbit itu. Getaran dirasakan masih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News