Jip Wisata di Lereng Gunung Merapi pun Siap Membantu Evakuasi

Jip Wisata di Lereng Gunung Merapi pun Siap Membantu Evakuasi
Asosiasi Jeep Wisata Lereng Merapi (AJWLM) Jogjakarta dibekali dengan kemampuan mitigasi bencana. (DWI AGUS/RADAR JOGJA)

jpnn.com, JOGJA - Asosiasi Jeep Wisata Lereng Merapi (AJWLM) Jogjakarta siap membantu evakuasi warga yang berada di dalam radius bahaya erupsi Gunung Merapi.

Ya, komunitas jip wisata di sekitar Gunung Merapi itu tak hanya memikirkan bisnis wisata semata, tetapi punya tanggung jawab terhadap warga sekitar.

Setiap personel AJWLM telah dibekali dengan kemampuan mitigasi bencana.

Peran itu melibatkan 29 komunitas anggota AJWLM. Setiap komunitas mengirimkan perwakilan masing-masing. Kemudian melakukan piket rutin sebagai langkah antisipasi erupsi Merapi.

“Antisipasi, pasti suatu saat akan ada bencana Merapi. Semuanya harus ikut andil bagian sebagai sukarelawan. Bantu evakuasi warga yang berada dalam titik radius bahaya,” kata Ketua AJWLM Jogjakarta (sisi barat) Dardiri, Jumat (13/11).

Keterlibatan pengemudi dan pemandu AJWLM memiliki alasan yang kuat.

Salah satunya adalah wawasan atas daerah rawan di lereng Merapi sisi selatan. Selain itu juga paham rute dan peta di kawasan Pakem dan Cangkringan.

Dardiri meyakini peran AJWLM cukup membantu. Terlebih mayoritas para pengemudi dan pengembang adalah warga asli Kecamatan Pakem dan Kecamatan Cangkringan.

Pengemudi dan pemandu AJWLM sudah punya wawasan dan sangat memahami rute di lereng Gunung Merapi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News