JK Bantah Intervensi Penanganan Century

JK Bantah Intervensi Penanganan Century
foto: Dok/JPNN
JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla membantah mengintervensi penanganan Bank Century. Instruksi kepada Kapolri agar menangkap Komisaris Utama Bank Century Robert Tantular adalah bagian dari tugas sebagai kepala pemerintahan untuk mengambil tindakan preventif mencegah kerugian nasabah.

"Siapa bilang intervensi. Apa yang salah? Saya kan pejabat presiden, memerintah pada Kapolri berarti melaksanakan tugas, bukan intervensi," ujar Jusuf Kalla usai salat Jumat di Istana Wakil Presiden, Jumat (4/9). Wartawan sebelumnya meminta komentar tentang tudingan Robert Tantular dalam persidangan yang menyebutkan pemerintah melakukan intervensi.

Perintah pada Polri agar menahan Robert Tantular dan lima direksi Century adalah tindakan preventif mencegah persoalan Bank Century melebar sehingga merugikan nasabah. "Krisis (finansial) bisa terjadi kapan saja. Waktu itu tinggal meletus saja sebenarnya, karena itu (tindakan pencegahan) harus keras," katanya.

Kalla kembali menegaskan kasus Century murni kriminal, bukan bagian dari krisis ekonomi. Karena itu, dalam pertemuan dengan sejumlah pimpinan Nahdlatul Ulama, Jusuf Kalla menegaskan sejak awal menolak "bail out untuk Century. "Wapres bilang dari awal menolak bail out, karena itu perampokan. Beliau juga mengatakan NU tanya, berarti NU peduli," kata Ketua PBNU Said Agil Siraj.

JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla membantah mengintervensi penanganan Bank Century. Instruksi kepada Kapolri agar menangkap Komisaris Utama Bank

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News