Jokowi Buka MTQ Nasional XXVIII Sumbar, Ini Katanya

Jokowi Buka MTQ Nasional XXVIII Sumbar, Ini Katanya
Presiden Jokowi. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, PADANG - Presiden Jokowi resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran atau MTQ Nasional XXVIII/2020 Sumatera Barat secara virtual, SAbtu (14/11) malam.

Dalam sambutannya, Jokowi menyebut bahwa MTQ merupakan wujud keinginan kuat untuk membumikan ajaran Al-Qur'an serta menegakkan syiar Islam untuk memperkukuh nilai-nilai agama dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat dan berbangsa.

"Bagi kaum muslimin, Al-Qur'an merupakan sumber petunjuk dan pedoman hidup yang aktual sepanjang masa, berisi nilai-nilai luhur universal yang sejalan dengan fitrah manusia yang hanif. Al-Qur'an mengajak semua manusia untuk bekerja sama dalam ketakwaan dan kebaikan," ujar kata Jokowi.

Kepala Negara menyampaikan, dalam mengamalkan ajaran Al-Qur'an, sudah sepatutnya umat Islam meneladan pribadi Nabi Muhammad SAW, yakni kepribadian dengan kemuliaan akhlak yang bersumber dari Al-Qur'an, menebarkan kasih sayang, dan menjauhkan diri dari perkataan serta perbuatan yang menyakiti sesama.

"Sebagai umat Nabi Muhammad, harus meneladani kemuliaan akhlak Nabi Muhammad tersebut," ujarnya.

Dalam MTQ ini akan tampil qari-qariah, hafiz-hafizah dan mufassir-mufassirah terbaik dari seluruh Indonesia.

Presiden memandang para peserta sebagai generasi muda yang siap berkompetisi secara sehat, berlomba meraih prestasi, serta berkontribusi dalam membangun kualitas sumber daya umat yang unggul, kompetitif, dan berkarakter Islami sebagaimana akhlak Rasulullah.

"Dengan demikian, MTQ tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al-Qur'an, tetapi jalan untuk mengedukasi umat untuk makin mencintai dan membumikan Al-Qur'an, meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka, dan yang juga sangat penting, sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum muslimin dan muslimat," jelasnya.

Dalam MTQ Nasional XXVIII Sumbar ini tampil qari-qariah, hafiz-hafizah dan mufassir-mufassirah terbaik dari seluruh Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News