Jokowi Dapat Nilai C di Lima Pulau Ini

Jokowi Dapat Nilai C di Lima Pulau Ini
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Negara Foto: M. Fathra/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kepuasan publik terhadap Joko Widodo dan Jusuf Kalla mencapai 77,3 persen. Namun, di balik keberhasilan itu banyak juga masyarakat yang tidak puas dengan kinerja pemerintah. Mereka memberikan nilai C di rapor Jokowi.

Founder & CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali mengungkapkan, dari hasil survei yang dilakukan dengan mengambil sampel di seluruh provinsi, publik yang puas ada di Pulau Sulawesi (89%), Jawa (83,2%), dan Kalimantan (82,7%).

Sedangkan yang paling rendah ada di Bali Nusa Tenggara (63,6%), Sumatera (62,2%), dan Maluku Papua (57,1%).

"Yang memberikan nilai A kepada Jokowi-JK hanya di Sulawesi dan Jawa. Kalimantan nilai B. Sedangkan Maluku, Papua, Bali, Nusa Tenggara, dan Sumatera nilai C," ungkap Hasan saat memaparkan hasil surveinya, Jumat (23/2).

Dia membeberkan, kepuasan publik tertinggi terhadap kinerja Jokowi-JK ada pada aspek telekomunikasi dan internet (87,9%), pelayanan kesehatan (87,8%), dan pendidikan (86,4%).

Aspek yang menjadi titik lemah Jokowi adalah bidang ekonomi terutama dalam kemudahan lapangan kerja (59,8%), pengentasan kemiskinan (58,1%), stabilitas harga kebutuhan pokok (55,7%).

"Untuk Pilpres 2019, Jokowi harus memerhatikan isu ekonomi juga. Walaupun angka kepuasan publik masih tinggi, tapi Jokowi sudah berada di batas garis kuning," tandasnya. (esy/jpnn)


Survei menyebut publik belum cukup puas dengan kinerja Jokowi dan JK di bidang ekonomi.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News