Jokowi Diserang Isu Gaji PNS Naik, Langsung Dibalas, Jleb!

Jokowi Diserang Isu Gaji PNS Naik, Langsung Dibalas, Jleb!
PNS. Ilustrasi Foto: dok.Radar Ngawi/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PKS menyerang Presiden Jokowi dengan menyebut rencana kenaikan gaji PNS tahun 2019 bermuatan politis. Sedangkan, PDIP mengungkit masa lalu Prabowo Subianto serta Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sekretaris Bidang Ekonomi, Keuangan, Industri, Teknologi DPP PKS, Handi Idris mengkritik rencana Presiden Jokowi meningkatkan gaji ASN. Dalam RAPBN 2019, Jokowi mengusung tema pembangunan SDM. Salah satu perubahan dalam RAPBN tersebut adalah menaikkan anggaran untuk gaji dan pensiunan pokok ASN.

Menurutnya, ada kepentingan politik ketika Jokowi lebih memilih meningkatkan gaji ASN untuk membangun SDM. Terlebih, saat ini sudah semakin dekat dengan pilpres 2019 dan Jokowi sudah terdaftar sebagai bakal calon presiden 2019-2024.

Dia juga menyebut, wajar jika ada yang berasumsi bahwa kebijakan peningkatan gaji bertujuan untuk mengamankan suara di pilpres 2019. Masyarakat mesti jeli dalam melihat alokasi anggaran dalam RAPBN 2019.

”Saya melihatnya sangat politis sekali. Seharusnya dilakukan di awal masa pemerintahan,” tukasnya.

Handi menilai, Jokowi seharusnya mengutamakan kenaikan anggaran untuk riset dan beasiswa dalam RAPBN 2019 jika ingin membangun SDM. Langkah tersebut lebih konkret daripada menaikkan gaji ASN.

”Benar-benar untuk mempersiapkan generasi bangsa dalam bentuk dana riset, beasiswa dan lain-lain,” kata Handi.

Handi juga mempertanyakan mengapa Jokowi mengalihkan fokus dari pembangunan infrastruktur ke pembangunan SDM dalam RAPBN 2019. Hal itu justru menunjukkan bahwa Jokowi meninggalkan komitmennya untuk membangun infrastruktur. ”Kalau menurut saya, tema tersebut menunjukkan Presiden Jokowi enggak punya orientasi pembangunan yang berkesinambungan,” ucap Handi.

Dua kubu pengusung capres-cawapres di Pilpres 2019 mulai saling sindir, Jokowi diserang isu rencana kenaikan gaji PNS.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News