Jokowi: Kalau Dapat KUR Jangan Dipakai Beli Motor

Jokowi: Kalau Dapat KUR Jangan Dipakai Beli Motor
Presiden Jokowi saat berdialog dengan petani di Garut, Jawa Barat. Foto Biro Pers Setpres

jpnn.com, GARUT - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi Kampung Kaumluwuk, Desa Leuwigoong, Kabupaten Garut pada hari kedua kunjungan kerjanya di Jawa Barat, Sabtu (19/1). Di desa tersebut, Jokowi bertemu dengan para petani penerima program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Tani.

Sesampainya di desa tersebut, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana terlebih dahulu meninjau stan pameran produk-produk pertanian yang berada tak jauh dari lokasi acara. Kemudian dilanjutkan peninjauan aktivitas tanam padi yang dilakukan para petani setempat.

Saat berdialog dengan petani, Kepala Negara meminta mereka memanfaatkan fasilitas pinjaman melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Tani yang difasilitasi oleh BNI untuk meningkatkan produktivitas pertaniannya.

"Kalau dapat KUR, saya titip ya, jangan dipakai untuk beli baju, jaket, atau motor. Hati-hati, enggak bisa mengembalikan. Pinjam KUR itu gunakan seluruhnya untuk menutup biaya-biaya ongkos produksi," kata Jokowi.

Mantan wali kota Solo itu berharap produktivitas para petani akan semakin meningkat dengan bantuan modal usaha KUR Tani. Dia juga mendorong para petani tidak hanya menanam satu jenis tanaman pertanian, tapi berbagai jenis lainnya yang memiliki potensi untuk dikembangkan.

"Saya melihat di Kabupaten Garut ini banyak kesempatan. Bisa tanam padi, bisa tanam jagung, tadi saya lihat juga ada yang menanam jeruk dan berhasil. Saya kira bagus sekali. Tanaman itu tidak harus hanya padi saja," tambah Jokowi.(fat/jpnn)


Presiden Jokowi mengingatkan pinjam KUR itu gunakan seluruhnya untuk menutup biaya-biaya ongkos produksi, bukan untuk belanja macam-macam.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News