Jokowi : Kami Mau Bersaing Sehat

Jokowi : Kami Mau Bersaing Sehat
Uji emisi: Walikota Solo Joko Widodo saat singgah di MNC Tower, Kebon Sirih, Jakarta dalam rangka persiapan uji emisi mobil Esemka Rajawali, Sabtu (25/2). Foto: Zulhakim/JPNN
JAKARTA — Walikota Solo Joko Widodo berharap mobil Esemka, yang diproduksi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Solo lolos dalam uji emisi di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Alasannya uji tersebut merupakan  syarat terakhir yang diperlukan sebagai kelengkapan administrasi dimulainya produksi mobil Esemka.

‘’Yakin lolos (uji emisi) Solo sampai Jakarta saja ngga ada masalah,’’ ujar Jokowi di Jakarta, Sabtu (25/2). Karena itulah, jika tidak ada halangan Jokowi berniat membawa dan menunggu langsung proses uji emisi yang akan berlangsung di BPPT.

Lalu jika harus diproduksi massal bagaimana kesiapan Esemka menghadapi persaingan industri otomotif dalam negeri yang dikuasai pabrikan raksasa asing? ‘’Kita tidak ingin industri raksasa, Kita ingin industri kecil saja yang penting prinsipal dan mereknya Indonesia,’’ tegas Jokowi.

Nantinya tambah Jokowi, biarlah mekanisme pasar yang akan menentukan diterima atau tidaknya mobil yang diklaim 80 persen berbahan baku lokal ini. Dengan kisaran harga Rp 95 juta per unit, Jokowi yakin mobil berkapasitas 1500 cc ini akan mampu bersaing di pasar mobil nasional. ‘’Kita ini mau kompetisi yang sehat, ngga minta fasilitas apa-apa,’’ imbuhnya.

JAKARTA — Walikota Solo Joko Widodo berharap mobil Esemka, yang diproduksi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Solo lolos dalam uji emisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News