Jokowi, Pak Harto, dan ASEAN

Jokowi, Pak Harto, dan ASEAN
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menghadiri prosesi Kick-Off Keketuaan ASEAN 2023 di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (29/1/2023). Foto: ANTARA/Gilang Galiartha

jpnn.com - Indonesia resmi menjabat sebagai ketua ASEAN (Associations of South East Asian  Nations) untuk 2023.

Peresmian itu ditandai dengan kick off dan pemukulan rebana oleh Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat Minggu (29/1).

Seperti biasanya, Presiden Joko Widodo memakai acara itu untuk mementaskan ‘street performance’ dengan menggowes sepeda bambu dari Istana Merdeka melintasi Jalan Medan Merdeka Barat dan Jalan MH Thamrin  Sudirman yang sedang ramai oleh pejalan kaki yang menikmati car free day

?Jokowi yang menggunakan jaket "bomber" hijau, kaus lengan panjang putih, topi dan celana panjang, didampingi sejumlah menterinya.

Begitu turun dari sepeda, Jokowi berjalan kaki ke lokasi acara bersama sejumlah duta besar dan perwakilan tetap negara sahabat.

Jokowi melepas jaketnya dan berjalan kaki menuju Bundaran HI. Tidak lupa, Jokowi menyapa warga, bersalaman, dan seperti biasanya berswafoto ria.

Baca Juga:

Jokowi ingin membuat para duta besar terkesan dengan kedekatannya pada rakyat. Jokowi juga ingin membuat negara-negara tetangga terkesan dengan menampilkan aneka pertunjukan.

Di depan iring-iringan Jokowi ada parade marching band dan pawai kostum adat. Setiba di lokasi acara, Jokowi dan perwakilan negara disambut abang-none di DKI Jakarta.?

Pak Harto berada di garis terdepan memimpin negara-negara anggota ASEAN untuk menahan laju komunisme di Asia Tenggara. Sekarang situasinya berubah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News