Jokowi : Pancasila Sampai Akhir Zaman

Jokowi : Pancasila Sampai Akhir Zaman
Presiden Joko Widodo di Gedung Pancasila, Jakarta, Jumat (1/06). Foto: Setpres.

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo meyakini bahwa Pancasila yang sudah 73 tahun menjadi bintang pemandu bangsa akan tetap ada sampai akhir zaman.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam sambutan pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila ke-73 di Gedung Pancasila, Jakarta, Jumat (1/06).

Menurut dia, selama 73 tahun, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi- ideologi lain yang berusaha menggesernya.

"Selama 73 tahun Pancasila sudah menjadi rumah kita yang berbineka tunggal ika. Insyaallah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia," ucap Presiden yang akrab disapa Jokowi tersebut.

Mantan wali kota Surakarta itu mengatakan bahwa Pancasila merupakan berkah yang diberikan Tuhan kepada bangsa ini melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia.

"Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945," terang Kepala Negara.

Dia menuturkan bahwa para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan.

Karena itu sudah menjadi tanggung jawab semua elemen bangsa untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan masyarakat.

Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada 1 Juni 1945 silam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News