Jokowi Resmikan Bandara Kaimana dan Terminal Penumpang Bandara Wamena

Jokowi Resmikan Bandara Kaimana dan Terminal Penumpang Bandara Wamena
Presiden RI Joko Widodo/ dok JPNN

jpnn.com - PAPUA – Presiden Joko Widodo telah meresmikan Bandara Kaimana, Papua Barat yang telah rampung dikembangkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Peresmian Bandara Kaimana ini dilangsungkan bersamaan dengan peresmian pembangunan terminal penumpang Bandara Wamena, Papua Rabu (30/12).

Kapuskom Perhubungan JA Barata mengatakan pembangunan Bandara Kaimana dilakukan melalui beberapa tahap, yang dimulai pada 2012. Kemudian dilanjutkan pembangunannya pada 2014.

"Dan akhirnya selesai dibangun pada akhir tahun 2015," ujar Barata dalam siaran persnya.

Pembangunan terminal penumpang seluas 1.800 m2 ini menelan biaya Rp75,5 miliar. Kini, Bandara Kaimana memiliki desain terminal penumpang yang modern seperti yang dimiliki Bandara Wamena. Dengan kapasitas terminal yang lebih besar bisa menampung penumpang hingga 102 penumpang.

"Terminal penumpang juga dibuat sedemikian bersih dan nyaman untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang," papar Barata.  

Bandara Kaimana merupakan bandara kelas III yang memiliki panjang runway 2000 m x 30 cm, 2 taxi way, 1 appron seluas 170mx60m, dan mampu didarati pesawat sejenis ATR 72-500. Selain itu, untuk meningkatkan keselamatan, Bandara Kaimana telah dilengkapi dengan peralatan navigasi. (chi/jpnn)


PAPUA – Presiden Joko Widodo telah meresmikan Bandara Kaimana, Papua Barat yang telah rampung dikembangkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News