Jumlah Pasien Positif Covid-19 di Probolinggo Meningkat

Jumlah Pasien Positif Covid-19 di Probolinggo Meningkat
Ilustrasi COVID-19. Foto: diambil dari covid19goid

jpnn.com, PROBOLINGGO - Jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Probolinggo, Jawa Timur bertambah 16 orang dalam sehari sehingga totalnya menjadi 70 orang.

"Masih adanya masyarakat yang tidak menjalani protokol kesehatan membuat perkembangan pasien COVID-19 di Kota Probolinggo semakin meningkat," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Probolinggo dr Abraar H.S. Kuddah dalam konferensi video di Kota Probolinggo, Rabu (1/7).

Dia mengatakan kemungkinan ada kelalaian dari keluarga, tanpa protokol kesehatan membawa keluarganya yang sakit ke Kota Probolinggo, sehingga mereka semua terpapar COVID-19 dan mereka terkonfirmasi positif, meskipun tanpa gejala dan kondisinya baik-baik saja.

"Hal itu menjadi pelajaran, apabila ada keluarga dari luar kota yang sengaja dibawa ke Kota Probolinggo karena kepercayaannya pada RSUD dr Mohamad Saleh karena seharusnya tetap mengikuti prosedur kesehatan," katanya.

Ia menjelaskan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 bertambah 16 orang dan jumlah itu melonjak tajam karena hasil dari pengambilan tes usap keluar bersamaan, meskipun tes usap dilaksanakan berbeda hari.

"Pengambilan tes usap dilaksanakan pada 20 Juni 2020, kemudian dikirim ke Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya dan hasilnya keluar pada 1 Juli sebanyak 12 orang dinyatakan positif COVID-19," tuturnya.

Secara rinci data tambahan pasien terkonfirmasi COVID-19, yakni tiga orang dari klaster Surabaya yakni dua warga Kelurahan Tisnonegaran dan satu warga Kelurahan Kademangan, kemudian dua orang warga Kelurahan Triwung Kidul, satu warga Kelurahan Sumber Taman, satu warga Kelurahan Kebonsari Wetan, dan lima warga klaster Sidoarjo berasal dari Kelurahan Triwung Lor.

Pada 29 Juni 2020 juga dilakukan pengambilan tes usap yang dikirim ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya dan hasilnya tiga orang positif yang merupakan warga Kelurahan Jrebeng Wetan, warga Kelurahan Jrebeng Wetan dan Kelurahan Ketapang.

Jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Probolinggo, Jawa Timur bertambah 16 orang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News