Kabar Baik dari Sekjen Kemnaker Tentang Hasil Pertemuan Hari Kedua G20 EWG IV

Kabar Baik dari Sekjen Kemnaker Tentang Hasil Pertemuan Hari Kedua G20 EWG IV
Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi saat memimpin pertemuan G20 EWG IV di Jakarta secara virtual, Kamis (21/7) malam. Foto: Dokumentasi Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Pertemuan keempat Kelompok Kerja Bidang Ketenagakerjaan G20 The Fourth Employment Working Group (EWG) di hari kedua membahas draf deklarasi Menteri Ketenagakerjaan/Perburuhan.

Selain itu, memasuki pembahasan awal tambahan dokumen (annex) terkait pasar kerja inklusif dan penyandang disabilitas.

"Kami menyelesaikan deklarasi Menaker G20. Perjalanan diskusi tadi sangat bagus, konstruktif dan masing-masing negara cukup respek satu dengan yang lain," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Sekjen Kemnaker) Anwar Sanusi seusai memimpin pertemuan itu secara virtual, Kamis (21/7) malam.

Kabar baiknya lagi, kata Sekjen Anwar, hal itu merupakan modal yang bagus untuk menyelesaikan tambahan dokumen yang melengkapi dari deklrasi Menteri-menteri Ketenagakerjaan nanti.

Di akhir bahasan deklarasi, kata Sekjen Anwar, setiap negara G20 akan menyepakati dalam pertemuan-pertemuan G20 mendatang untuk melaporkan inisiatif kebijakan yang dilakukan dalam mendorong pasar kerja yang terbuka untuk para penyandang disabilitas.

"Indikatornya sedang kami bahas dan matangkan," bebernya.

Dia berharap indikator yang nanti digunakan menjadi pedoman bagi negara G20, sehingga bisa dilihat inisiatif setiap negara mendorong keterlibatan para penyandang disabilitas di dalam pasar kerja.

Sekjen Anwar juga berharap pembahasan draf ini menghasilkan kesepakatan konkret untuk negara G20 dan negara lainnya dan dapat disepakati bersama dalam pertemuan tingkat menteri serta menjadi masukan pernyataan pada deklarasi kepala negara.

Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi menyampaikan kabar baik tentang hasil pertemuan hari kedua G20 EWG IV

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News