JPNN.com

Kabareskrim Datangi Bawaslu Hari Ini, Apa yang Dibahas?

Kamis, 03 Desember 2020 – 19:57 WIB
Kabareskrim Datangi Bawaslu Hari Ini, Apa yang Dibahas? - JPNN.com
Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo. Foto: antara

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo didampingi Kadiv Humas Polri Inspektur Jenderal (Irjen) Argo Yuwono menggelar rapat kerja nasional bersama jajaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyambut pencoblosan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2020. 

Rapat digelar di kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Kamis (3/12) siang ini. Satu di antara pembahasan yakni fokus Polri-Bawaslu dan Kejaksaan, menguatkan peran Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). 

"Menguatkan sinergi Gakkumdu. Ya, biar lebih koordinatif dan cepat daam penanganan pidana Pilkada," kata Komisioner Bawaslu Mochammad Afifuddin saat dihubungi jpnn, Rabu ini.

Sementara itu, Argo mengatakan, jelang pencoblosan terdapat potensi hoaks bertebaran. Dari situ, Polri-Bawaslu bersama kejaksaanperlu menguatkan sinergi Gakkumdu.

"Seperti yang disampaikan tadi oleh ketua Bawaslu yakni pada tahapan pemungutan suara antisipasi hoaks, ujaran kebencian dan mengoptimalkan kerja Sentra Gakkumdu dalam sisa tahapan kampanye dan pemungutan suara," kata Argo dalam keteranganya kepada awak media, Rabu.

Menurut Argo, dalam rapat itu Komjen Listyo menyampaikan bahwa Polri akan melakukan antisipasi adanya tindak pidana saat tahapan masa tenang hingga penghitungan suara. 

Di samping itu, pemulihan ekonomi nasional dan penanggulangan COVID-19 saat Pilkada serentak ini tetap harus berjalan. Korps Bhayangkara, kata Argo, akan melaksanakanya dengan maksimal. 

"Tadi Kabareskrim menekankan mengenai kotak suara dan alat lainnya harus tepat waktu dan terjaga dari hal yang tidak diinginkan," tandas Argo. 

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
natalia