Kabut Asap Pengaruhi Kinerja Ketepatan Waktu Penerbangan Lion Air

Kabut Asap Pengaruhi Kinerja Ketepatan Waktu Penerbangan Lion Air
Pesawat Lion Air. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Lion Air mencatat kinerja tingkat ketepatan waktu (on time performance atau OTP) 74,07 persen pada September 2019.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, selama September 2019, Lion melayani 14.680 frekuensi terbang atau rata-rata per hari 480 penerbangan. Lion Air fokus beroperasi ke lebih dari 42 kota tujuan domestik serta 25 internasional meliputi Singapura, Malaysia, Tiongkok dan Saudi Arabia.

"Pencatatan kinerja ketepatan waktu 74,07 persen dikarenakan operasional yang disebabkan cuaca buruk berupa kabut asap di sejumlah kota atau daerah di Kalimantan dan Sumatera," kata Danang, Minggu (6/10).

Menurutnya, kondisi ini mengakibatkan jarak pandang pendek (visibility below minimum) dan tidak memenuhi persyaratan keselamatan penerbangan untuk proses lepas landas dan mendarat.

Dalam memastikan keselamatan dan keamanan, Lion Air mengalami keterlambatan (delay) dan pembatalan penerbangan (cancel) dan pengalihan pendaratan (divert) di beberapa jaringan domestik yang dilayani. 

"Dampak yang timbul berpotensi mengakibatkan terganggunya pada rotasi pesawat untuk sektor atau rute penerbangan berikutnya," ungkap Danang. 

Dia menambahkan performance ketepatan waktu 74,07 persen menunjukkan OTP tertinggi Lion Air jika dibandingkan dengan waktu yang sama pada 2018 yakni 68,92 persen dan perolehan 66 persen pada 2017. 

Bila komparasi bulan sebelumnya pada tahun ini, Juli tercatat 80,76 persen dan Agustus 78,51 persen. 

Pencatatan kinerja ketepatan waktu Lion Air 74,07 persen dikarenakan operasional yang disebabkan cuaca buruk berupa kabut asap di sejumlah kota atau daerah di Kalimantan dan Sumatera

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News