Kadin: Restrukturisasi Industri Elektronika

Kadin: Restrukturisasi Industri Elektronika
Kadin: Restrukturisasi Industri Elektronika
JAKARTA- Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perindustrian, Riset dan Teknologi, Rachmat Gobel menegaskan bahwa restrukturisasi dan reorientasi terhadap kebijakan pengembangan industri elektronika nasional perlu dilakukan sesegera mungkin.

“Kita tidak bisa lagi bermain dengan waktu, tuntutan ini sudah sangat mendesak agar kita tidak tertinggal dan hanya menjadi pasar yang empuk oleh negara pasaing,” ungkapnya di Jakarta, Jumat (6/11).

Menurutnya, kurang mampunya perkembangan seperti dalam kasus Fairchild dan National Semiconductors pada tahun 1980-an harus dihindari. Padahal, pada awal 1970-an dua perusahaan multinasional AS, Fairchild dan National Semiconductors melakukan relokasi perakitan semi konduktornya di Indonesia, sehingga saat itu sebetulnya industri elektronika Indonesia  sudah melakukan loncatan.

Namun kemudian, pada tahun 1984 karena iklim investasi tidak menguntungkan di Indonesia, para investror pun memindahkan pabriknya ke Malaysia yang mempunyai visi kebijakan lebih baik dan hingga saat ini industri elektronika Malaysia menjadi jauh lebih berkembang dan maju.

JAKARTA- Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perindustrian, Riset dan Teknologi, Rachmat Gobel menegaskan bahwa restrukturisasi dan reorientasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News