Kadin: Tindakan KPPU Kebablasan

Kadin: Tindakan KPPU Kebablasan
Kadin: Tindakan KPPU Kebablasan
JAKARTA - Tindakan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) yang meminta agar membubarkan asosiasi perusahaan tertentu dan memerintahkan perusahaan tertentu menurunkan harga serta komponen biaya secara besar-besaran, dinilai Kamar Dagang dan Industri (Kadin) terlalu berlebihan. KPPU dianggap telah melakukan tindakan yang melampaui kewenangannya dan salah kaprah.

"Tindakan KPPU sering kebablasan. Meminta menurunkan harga, padahal itu bukan kewenangannya. Satu hal lagi, tindakan KPPU yang memerintahkan perusahaan yang dianggap melanggar UU No 5 Tahun 1999, merupakan tindakan anti persaingan," tegas Ketua Umum Apindo, Sofyan Wanandi, yang juga mewakili Ketum Kadin Indonesia, dalam panel discussion "Fair Competition and Acceleration of Economic Development", di Graha Niaga, Senin (18/10).

Diakui Sofyan, tidak sedikit perusahaan yang menduduki posisi dominan dan kemungkinan menggunakan posisinya untuk mempengaruhi kesejahteraan konsumen. Menghadapi kondisi ini, pemerintah dan KPPU diharapkan meletakkan kepentingan nasional secara proporsional. Yaitu dengan menghindari tindakan yang mengurangi kesejahteraan masyarakat.

"Untuk kasus di Indonesia, yang lebih tepat diambil adalah membuka pasar dan mengurangi hambatan pelaku usaha baru masuk ke pasar. Tindakan yang justru menjadikan perusahaan tersingkir dari pasar, sejauh mungkin harus dihindari," terangnya.

JAKARTA - Tindakan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) yang meminta agar membubarkan asosiasi perusahaan tertentu dan memerintahkan perusahaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News