Kafein Bisa Meningkatkan Kesehatan Otak Perempuan, Asal...

Kafein Bisa Meningkatkan Kesehatan Otak Perempuan, Asal...
Ilustrasi

jpnn.com - SATU lagi alasan untuk bisa menikmati secangkir kopi. Sebuah studi baru menunjukkan bahwa kopi bisa mengurangi risiko demensia bagi perempuan.

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan di The Jurnal of Gerontology menyimpulkan bahwa konsumsi kafein lebih dari 261 miligram per hari atau sekitar dua atau tiga cangkir kopi, bisa mengurangi 36 persen risiko demensia saat tua.

Peneliti mengumpulkan data dari 6.467 wanita pascamenopause, yang 65 tahun dan terbiasa mengonsumsi kopi.

Setelah penilaian tahunan fungsi kognitif selama 10 tahun berikutnya, sebanyak 388 wanita didiagnosis dengan kemungkinan demensia atau dengan beberapa bentuk kerusakan kognitif lainnya.

Namun, wanita yang mengonsumsi kafein lebih dari jumlah rata-rata setiap hari, yakni 261 miligram per hari didiagnosis pada tingkat yang lebih rendah dari demensia.

"Kami tidak benar-benar terkejut dengan temuan kami karena bukti epidemiologi juga menunjukan hal yang sama," kata penulis utama studi, Ira Driscoll, Ph.D., seperti dilansir laman Yahoo Health, Rabu (2/11).

Bahkan, penelitian sebelumnya menyimpulkan bahwa konsumsi kopi telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, seperti berkurangnya resiko mengembangkan penyakit jantung dan diabetes tipe 2 dan kematian akibat kedua penyakit ini.

"Saya pikir temuan ini sangat menarik dan tentunya sesuai dengan literatur terakhir tentang efek positif dari kafein dan kaitannya dengan umur panjang," kata Michael A. Yassa, seorang profesor di departemen neurobiologi.

SATU lagi alasan untuk bisa menikmati secangkir kopi. Sebuah studi baru menunjukkan bahwa kopi bisa mengurangi risiko demensia bagi perempuan. Sebuah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News