Kalah Pilkada, Para Tokoh Ini Pilih Maju di Pileg 2019

Kalah Pilkada, Para Tokoh Ini Pilih Maju di Pileg 2019
Ilustrasi. Foto: dokumen sumeks.co.id

jpnn.com, PALEMBANG - Sejumlah kandidat yang kalah di Pemilihan Gubernur maupun Pilkada kabupaten/kota pada 27 Juni lalu, kembali mencoba peruntungan di pemilihan anggota legislatif DPR-RI (Pileg 2019).

Di antaranya adalah Ishak Mekki, wakil gubernur Sumsel yang akan bertarung di Dapil Sumsel I lewat Partai Demokrat. Cakupan wilayahnya, Musi Rawas, Muratara, Muba, Banyuasin, Kota Palembang, dan Lubuklinggau.

Lalu, Eddy Santana Putra, mantan wako Palembang. Dia maju melalui Partai Gerindra.

Pendatang baru lainnya, Lury Elza Alex (anak gubernur Alex Noerdin) menggunakan Partai Golkar. Nah, dari Nasdem ada Hj Maphilinda Syahrial (istri Syahrial Oesman, mantan gubernur Sumsel). Muncul juga Sarjan Tahir dari Partai Demokrat. Kemudian Darmadi Djufri (PDI Perjuangan).

Mereka akan bersaing dengan 7 calon incumbent. Sekarang duduk sebagai anggota DPR-RI. Yakni, Syofwatillah Mohzaib (Demokrat), Nazaruddin Kiemas (PDI Perjuangan), Edhie Prabowo (Gerindra), Kahar Muzakkir (Golkar), Wasista Bambang Utoyo (Golkar), H Mustafa Kamal (PKS) dan Fauzi H Amroh (Hanura).

Tak kalah ketat persaingan di Sumsel II (OKU, OKI, Muara Enim, Lahat, OKUT, OKUS, Ogan Ilir, Empat Lawang, Pagaralam, dan Prabumulih). Di sana ada Alex Noerdin, pria yang kini menjabat sebagai gubernur Sumsel. Sekaligus ketua DPD I Partai Golkar Sumsel. Alex sendiri sudah 2 periode menjabat sebagai gubernur.

Selain itu, Yudha Pratomo Mahyuddin, calon wakil gubernur 2018-2023 menggunakan perahu Demokrat, maju di Sumsel II. Di samping, ketua DPD Partai Gerindra Sumsel Syaifudin Aswari Rivai yang juga calon gubernur nomor urut 2. Sedangkan HM Irwansyah, wakil Aswari di Pilgub, disebut-sebut maju pakai perahu PKS. Dari unsur perempuan ada Riezky Aprilia, calon wawako Lubuklinggau.

Para pendatang baru itu, akan bersaing dengan calon incumbent. Macam Irma Suryani (Partai Nasdem), Bertu Merlas ST (PKB), Drs H M Iqbal Romzi (PKS), HR Erwin M Singajuru SH MH (PDI Perjuangan), H Yulian Gunhar SH MH (PDI Perjuangan). Bobby Adhityo Rizaldi SE MBA CFE (Partai Golkar), Ir Sri Meliyana (Partai Gerindra), H Wahyu Sanjaya SE (Partai Demokrat), Ir Hafiz Tohir (PAN) dan Hanna Hayatri SH (PAN).

Sejumlah kandidat yang kalah di Pemilihan Gubernur maupun Pilkada kabupaten/kota pada 27 Juni lalu, kembali mencoba peruntungan di pemilihan anggota DPR RI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News