Kampung SBY Dinilai Daerah Tertinggal

Kampung SBY Dinilai Daerah Tertinggal
Kampung SBY Dinilai Daerah Tertinggal
JAKARTA -- Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) Jero Wacik menerangakan, pihaknya akan semakin menggenjot para investor untuk mengembangkan pariwisata di kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Menbudpar menilai, hingga saat ini kabupaten Pacitan bisa dikatakan cukup tertinggal apabila dibandingkan dengan kabupaten lainnya yang terletak di timur pulau Jawa.

"Sebut saja Banyuwangi. Pacitan kalah jauh dengan kota yang berada di ujung pulau Jawa. Mengapa? Karena Pacitan posisinya terisolasi. Kota ini tidak memiliki akses jalur selatan dan juga belum berkembangnya hotel-hotel atau penginapan," ungkap Menbudpar ketika ditemui JPNN di kantor Bupati Pacitan, Jawa Timur, kemarin (8/10).

Dengan kondisi demikian, Menbudpar mengatakan bahwa pihaknya terus menggenjot para investor. "Investor ini diharapkan dapat membangun hotel atau penginapan, bahkan lebih bagus jika mereka (investor) bersedia untuk mengembangkan tempat wisata di Pacitan," serunya.

Sedangkan untuk pengembangan jalur selatan, Menbudpar mengatakan bahwa pihaknya telah berkerjasama dengan pihak Kementerian Pekerjaan Umum (KemenPU). Menurutnya, jalur ini harus ada. Dikatakan, kota akan semakin maju jika kota tersebut selalu dilewati kendaraan. "Kalau sekarang ini, Pacitan buntu, tidak bisa langsung ke Banyuwangi atau pun Bali. Harus ke arah Utara dan lewat Surabaya. Intinya, jalur ini harus dibuat dan dipercepat. Lagipula kami juga ingin melestarikan bukit kapur yang tersebar di wilayah selatan pulau Jawa. Ini akan memiliki nilai tersendiri bagi pariwisata," jelasnya.

JAKARTA -- Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) Jero Wacik menerangakan, pihaknya akan semakin menggenjot para investor untuk mengembangkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News