Kantongi Rp 16 Juta Setiap Reses, Anggota Dewan Masih Minta Tambah

Kantongi Rp 16 Juta Setiap Reses, Anggota Dewan Masih Minta Tambah
Kantongi Rp 16 Juta Setiap Reses, Anggota Dewan Masih Minta Tambah

jpnn.com - BOGOR – Sebanyak 45 anggota DPRD Kota Bogor sejak kemarin, Rabu (14/9), hingga besok akan melakukan penyerapan aspirasi alias reses ke daerah pemilihan (dapil) masing-masing. Fantastisnya, selama tiga hari masa reses itu, para wakil rakyat bakal mendapatkan uang saku Rp 16,25 juta per anggota. 

Sayangnya jumlah sangu tersebut dirasa masih kurang bagi para wakil rakyat di Kapten Muslihat. Padahal, jika ditotal untuk tiga kali reses, uang saku anggota dewan itu menghabiskan Rp 219 miliar per tahun yang berasal dari APBD.

Ketua Komisi D DPRD Kota Bogor R Dodi Setiawan mengatakan, reses merupakan momentum yang tepat untuk bersilaturahmi dengan masyarakat. Untuk itu, reses harus diupayakan semaksimal mungkin untuk mendapatkan solusi di permasalahan masyarakat.

“Artinya reses itu kita kembali untuk turun ke konstituen atau ke dapilnya guna menjaring aspirasi dan bersilaturahmi dengan para tokoh masyarakat, alim ulama, pemuda dan pemudi, dan ketua RT atau RW,” jelas Dodi pada Radar Bogor, Rabu (14/9).

Dia menuturkan, akan ada banyak aspirasi yang ditampung setiap anggota dewan ketika melakukan reses. Apa yang sekiranya dapat dewan bantu seperti infrastruktur jalan lingkungan, jalan setapak, jembatan, turap, penerangan jalan umum dan yang lainnya.

Angka Rp 16.250.000 per anggota dewan, jelas Dodi sebetulnya tidak cukup untuk biaya reses selama tiga hari. Karena untuk keperluan snack dan makanan minum saja sudah habis. Terkadang, dia juga harus nombok dan menggunakan biaya sendiri untuk menutupi sejumlah kekurangan. 

“Jadi jangan kira dana segini cukup.  Kadang ada juga yang bisik – bisik, pak dewan buat uang rokoknya atuh. Kalau sudah begitu kita kan gak bisa kita tolak. Jadi pastinya setiap  ketemu kontituen pastilah ada yang minta diluar mamin (makan minum),” tukasnya.

Sementara Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Jajat Sudrajat menjelaskan, pada masa reses ketiga ini, setiap anggota dewan diwajibkan bertemu minimal sebanyak 325 warga. Dana Rp 16,25 juta pun menurut dia hanya cukup untuk biaya makan dan minum dan tidak termasuk dengan transportasi. 

BOGOR – Sebanyak 45 anggota DPRD Kota Bogor sejak kemarin, Rabu (14/9), hingga besok akan melakukan penyerapan aspirasi alias reses ke daerah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News