Kapal Perang TNI AL Bantu Kebutuhan Pokok Prajurit di Pulau Bras

Kapal Perang TNI AL Bantu Kebutuhan Pokok Prajurit di Pulau Bras
Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Komando Armada III Laksamana Pertama TNI Retiono Kunto (kiri) menyempatkan diri memberikan bantuan kebutuhan pokok (sembako) kepada prajurit yang berdinas di pulau terluar (Pulau Bras) pada Rabu (1/9). Foto: Dispenal

jpnn.com, SORONG - Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Komando Armada III Laksamana Pertama TNI Retiono Kunto menyempatkan diri memberikan bantuan kebutuhan pokok (sembako) kepada prajurit yang berdinas di pulau terluar (Pulau Bras) pada Rabu (1/9) dengan menggunakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Raden Eddy Martadinata-331 unsur BKO Guspurla Koarmada III.

Laksma TNI Retiono berkunjung ke Pulau Bras saat tengah melaksanakan operasi pengamanan perairan perbatasan wilayah Timur Indonesia.

Raden Eddy Martadinata-331 melaksanakan patroli pengamanan perairan di wilayah Timur Indonesia sejak awal Agustus 2021 dan menyempatkan diri ke Pulau Bras.

Selain bersilaturahmi dengan prajurit yang berdinas di pulau ini, Laksma TNI Retiono Kunto juga memberikan bantuan sembako mengingat masa pandemi Covid-19 kapal-kapal perintis jarang singgah di Pulau Bras.

Kepedulian prajurit TNI AL sebagai tindak lanjut arahan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL)  Laksamana TNI Yudo Margono agar para prajurit TNI AL di mana saja dapat memiliki nilai manfaat bagi lingkungan sekitarnya.

Pulau Bras secara administratif berada di wilayah pemerintah Kabupaten Supiori, Provinsi Papua merupakan pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudera Pasifik dan berbatasan dengan Negara Palau.

Pulau Bras merupakan gugusan dari Kepulauan Mapia yang terdiri dari lima buah pulau, yaitu Pegun, Bras, Bras Kecil, Fanildo dan Fanildo Kecil. Pulau Bras ini didiami 22 kepala keluarga dan di Pulau Pegun 3 kepala keluarga, sedangkan pulau lainnya belum berpenghuni.

Menurut Danguspurla Koarmada III, Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada III memiliki tugas pokok antara lain menegakkan kedaulatan dan menjaga keutuhan NKRI. Terutama di wilayah laut yang berbatasan dengan negara asing, termasuk di Pulau Bras ini yang jauh terpencil dan terluar dan berbatasan dengan Negara Palau.

Laksma TNI Retiono berkunjung ke Pulau Bras menggunakan Kapal Perang TNI AL Raden Eddy Martadinata-331 unsur BKO Guspurla Koarmada III memberikan bantuan kebutuhan pokok kepada prajurit TNI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News