Kapal Selam Nuklir Rusia Terbakar

Kapal Selam Nuklir Rusia Terbakar
Kapal Selam Nuklir Rusia Terbakar
MOSKOW - Api melalap kapal selam bertenaga nuklir milik Rusia, Yekaterinburg, ketika diperbaiki di galangan kapal Roslyakovo, kawasan Murmansk, Kamis sore waktu setempat (29/12) atau dini hari tadi WIB (30/12). Setelah semalaman berkobar, api akhirnya berhasil dipadamkan kemarin. Pemerintah Rusia menjamin tidak ada kebocoran radioaktif (nuklir) dari kapal tipe Delta IV tersebut. 

"Api sudah berhasil dipadamkan. Tidak ada bagian penting yang terbakar," terang Menteri Situasi Darurat Sergei Shoigu di hadapan para pejabat Rusia kemarin.

Meskipun api berkobar selama lebih dari 12 jam, kapal tersebut tak sampai ludes terbakar. Bahkan, tak ada korban jiwa dalam insiden paling serius bagi Angkatan Laut (AL) Rusia selama setahun terakhir tersebut. Tetapi, tujuh awak dilaporkan terluka dan dilarikan ke rumah sakit.

Saat api berkobar, kapal sepanjang 167 meter itu sedang tidak mengusung rudal nuklir balistik. Karena itu, meski bagian dek sempat membara, para kru tetap bertahan di atas kapal nuklir tersebut. Sebagian besar awak kapal berusaha memadamkan api dengan cara menyemprotkan air ke titik api. Sebagian yang lainnya memantau perubahan tingkat radiasi dari kapal.

MOSKOW - Api melalap kapal selam bertenaga nuklir milik Rusia, Yekaterinburg, ketika diperbaiki di galangan kapal Roslyakovo, kawasan Murmansk, Kamis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News