Kapolri Malu, Mabes Polri Kalah Inovasi dari Polres

Kapolri Malu, Mabes Polri Kalah Inovasi dari Polres
‎Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur melihat inovasi tujuh Polres di Mapolres Sidoarjo, Jawa Timur. Foto :Divisi Humas Polri

jpnn.com - SIDOARJO - ‎Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur meresmikan pelayanan berbasis online yang sudah dilaksanakan tujuh Polres di ruang lingkup Polda Jawa Timur, Kamis (1/9).

‎Ketujuh inovasi pelayanan yang diresmikan itu di antaranya SKCK Online dan SKCK keliling online (Polres Sidoarjo), Go-Siap pelayanan publik terintegrasi berbasis IT (Polres Gresik), We Are Ready dan kentongan online berbasis android (Polres Jember).

Selain itu, juga ada Panic Button On Hand dan aplikasi pelayanan tindak kriminalitas berbasis android (Polres Malang), sistem operasi terpadu online atau Soto (Polres Lamongan), Crime Alarm System dan aplikasi pelaporan berbasis android (Polres Bojonegoro). Terakhir, sistem siaga bumi wali (SIGI) yakni informasi pelayanan pengaduan berbasis android (Polres Tuban).

"Saya melihat ini, cukup bangga dengan segenap inovasi dari Polres Sidoarjo, Tuban, dan seterusnya ini. Seperti inilah yang kami harapkan," kata Tito di Mapolres Sidoarjo, Jawa Timur.

Menurutnya, di era digital, polisi juga harus ikut larut di dalamnya. Dia menilai, inovasi yang diterapkan di tujuh Polres tersebut, akan menjadi contoh di kantor polisi lainnya.‎ "Kita butuh memberi pelayanan yang lebih baik, yaitu basis IT," jelas dia.

Tito menjelaskan, Indonesia, dalam hal ini Jakarta, termasuk 50 kota di ASIA yang tingkat kenyamanan hidupnya buruk dan kriminalitas tinggi. Tito mencontohkan seperti di Jakarta yang tidak memiliki keamanan pelayanan terintegrasi.

"Apakah ada CCTV di sudut-sudut kota yang meng-cover semua area. Kemudian tidak ada panic button yang mengatur pelayanan dalam satu reaksi, terutama memanggil polisi, ambulans, dan pemadam kebakaran," terang Tito.

Namun, Tito menilai, inovasi yang dilakukan oleh tujuh Polres tersebut, merupakan hal yang patut diapresiasi. Tito mengaku merasa malu dengan hal tersebut.

SIDOARJO - ‎Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur meresmikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News