Sabtu, 21 Oktober 2017 – 13:47 WIB

Kartini Menguras Air Mata Penonton di Selandia Baru

Minggu, 13 Agustus 2017 – 17:09 WIB
Kartini Menguras Air Mata Penonton di Selandia Baru - JPNN.COM

Tantowi Yahya. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, WELLINGTON - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Wellington, Selandia Baru punya cara sendiri untuk menyemarakkan peringatan hari ulang tahun kemerdekaan yang ke-72. Yakni dengan menggelar berbagai event untuk makin mengenalkan destinasi pariwisata Indonesia di kalangan warga Selandia Baru.

Cara pertama adalah Indonesia Film Weekend yang berlangsung 11-13 Agustus di Reading Cinema, Wellington. Dengan menggandeng Cinema XXI dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), KBRI memboyong tiga film Indonesia untuk event itu. Yang pertama adalah Kartini yang diputar Jumat (11/8). Yang kedua adalah Rudy Habibie yang ditayangkan Sabtu (12/8). Sedangkan Cek Toko Sebelah menjadi film terakhir pada Indonesia Film Weekend.

Dubes RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya mengatakan, masyarakat Indonesia di Selandia Baru sudah lama kangen dengan film-film asal Tanah Air. “Setelah mendengarkan masukan dari mereka, dipilihlah tiga film yang dianggap mampu mewakili wajah Indonesia saat ini,” ujar Tantowi melalui siaran pers KBRI Selandia Baru.

Tantowi menambahkan, film merupakan medium yang tepat untuk memperkenalkan pariwisata Indonesia ke khalayak Selandia Baru. “Itulah sebabnya kedutaan menyewa satu bioskop untuk menayangkan film Indonesia,” ujarnya.

Ternyata warga RI di Selandia Baru atau pun penduduk lokal sangat antusias merespons Indonesia Film Weekend. Bioskop dengan kapasitas 123 di Reading Cinema pun fully booked karena seluruh karcis sudah dipesan WNI dan warga Selandia Baru.

Film Kartini besutan Hanung Bramantyo mampu memukau penonton. Menurut Tantowi, banyak penonton yang terharu menyimak kisah Kartini dalam film drama berlatar sejarah itu.

“Yang lebih membanggakan lagi, Kartini ternyata menarik minat banyak penonton dari masyarakat lokal,” ujar duta besar yang juga dikenal sebagai penyanyi country ternama itu.

Bahkan, Tantowi mengaku melihat banyak penonton termasuk bule yang meneteskan air mata saat menonton Kartini. “Ini menandakan film tersebut mampu menyentuh hati penontonnya dan ini menjadi kebanggaan tersendiri pada karya kreatif anak bangsa,” tegasnya.

SHARES
TAGS   Kemenpar
loading...
loading...
Komentar