Kartu AKSes, Kunci Transparansi Investor

Kartu AKSes, Kunci Transparansi Investor
Kartu AKSes, Kunci Transparansi Investor
MANADO – Memasuki pertengahan tahun, PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) melanjutkan sosialisasi skala lokal dalam rangka meningkatkan kepemilikan dan penggunaan Kartu AKSes. Kota Manado menjadi kota pertama di Wilayah Sulawesi yang disambangi tim KSEI. Acara yang digelar di Hotel Sintesa Peninsula Manado ini, menghadirkan Direktur Utama KSEI, Ananta Wiyogo sebagai pembicara utama. Ia  didampingi Irwan Ariston Napitupulu (Praktisi Pasar Modal) dan Lily Widjaja, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia (APEI).

Siaran pers yang diterima di Jakarta semalam menyebutkan, KSEI memberikan pemahaman tentang pemilikan dan penggunaan Kartu AKSes, baik kepada para investor di Manado maupun kepada media. Kepemilikan Kartu AKSes sebagai fungsi pengawasan mandiri investor terhadap portofolio Efeknya telah mendapatkan payung hukum berupa Peraturan Bapepam-LK Nomor V.D.4.

Dalam peraturan ini, Perusahaan Efek diwajibkan memberikan akses informasi kepada nasabahnya yang memungkinkan nasabahnya secara langsung memonitor mutasi dan saldo atas Efek dan dana yang dimilikinya secara langsung di Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian, yaitu pemberian Kartu AKSes kepada nasabahnya. Kartu AKSes saat ini semakin relevan dimiliki investor berkaitan dengan penerapan Single Investor ID sebagai persyaratan untuk melakukan transaksi di Bursa Efek.

Kepada media, Ananta mengungkapkan alasan peluncuran Kartu AKSes. "Sebagai salah satu pihak yang berwenang menetapkan regulasi dalam pasar modal Indonesia atau sering disebut Self Regulatory Organization (SRO), KSEI terus berupaya meningkatkan citra pasar modal Indonesia yang transparan dan terpercaya. KSEI juga berkomitmen menciptakan transparansi informasi sekaligus mendukung penerapan Good Corporate Governance pada industri pasar modal Indonesia. Hal tersebut menjadi salah satu alasan kami untuk meluncurkan Kartu AKSes," katanya.

MANADO – Memasuki pertengahan tahun, PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) melanjutkan sosialisasi skala lokal dalam rangka meningkatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News