Kasus Covid-19 Turun Signifikan, Qodari Puji Jokowi dan Luhut

Kasus Covid-19 Turun Signifikan, Qodari Puji Jokowi dan Luhut
Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari mengapresiasi kinerja Presiden Jokowi dan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan karena telah berhasil menurunkan kasus Covid-19 di Indonesia secara sangat signifikan dan dalam tempo yang relatif cepat.

Hal ini terlihat dari penurunan kasus aktif yang dilansir Kementerian Kesehatan, Rabu (15/9/2021) hingga pukul 12.00 WIB.

Untuk kasus aktif Covid-19 mengalami penurunan sebesar 88,9 persen dibandingkan pada puncak kedua.

“Keberhasilan tersebut patut diapresiasi karena pada saat yang bersamaan kasus di Singapura dan Amerika Serikat mengalami tren kenaikan,” kata Qodari, Kamis (16/9/2021).

Diketahui, pada akhir pekan kemarin, Singapura yang merupakan negara berpenduduk 5,7 juta jiwa ini melaporkan 555 kasus COVID-19 harian, tertinggi sejak Agustus 2020.

Menurut Gan Kim Yong, salah satu ketua gugus tugas COVID Singapura, hal itu merupakan lonjakan infeksi yang mengkhawatirkan.

Sementara itu, dalam jumpa pers virtual mingguan pada hari Senin (13/09/2021) Direktur Organisasi Kesehatan Pan Amerika (Pan American Health Organization/PAHO) Carissa Etienne mengatakan selama seminggu terakhir, hampir 1,5 juta infeksi Covid-19 baru telah dilaporkan di Amerika dan lebih dari 22.000 kematian.

Menurut Qodari, keberhasilan penanganan Covid-19 di Indonesia, tidak hanya dilihat dari penurunan kasus tetapi juga dari turunnya positivity rate harian mencapai 2,14 persen.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari mengapresiasi kinerja Presiden Jokowi dan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan karena berhasil menurunkan kasus Covid-19 di Indonesia secara sangat signifikan.