Kawal Era Transformasi, Dimas Oky Nugroho Ajak Anak Muda Bangun Gerakan Bersama

Kawal Era Transformasi, Dimas Oky Nugroho Ajak Anak Muda Bangun Gerakan Bersama
Ketua Perkumpulan Kader Bangsa Dimas Oky Nugroho. Foto: dokumentasi pribadi

jpnn.com, SURABAYA - Ketua Perkumpulan Kader Bangsa Dimas Oky Nugroho mengajak seluruh anak muda Indonesia yang merupakan kekuatan demografi terbesar untuk membangun gerakan bersama mengawal zaman transformasi sosial ekonomi yang saat ini tengah berlangsung.

Sejumlah isu besar era transformasi ini adalah tantangan sosial ekonomi, ancaman ketimpangan, lapangan pekerjaan, digitalisasi, lemahnya SDM, dan penguatan partisipasi warga serta kohesi sosial.

Untuk itu, Dimas mengajak anak-anak muda melek politik guna mengawal kepentingan anak-anak muda dan kebijakan publik yang suportif.

"Anak-anak muda tidak boleh alergi dan salah fokus terhadap politik. Politik jangan dijadikan upaya sekadar mencari kekuasaan atau kesempatan, namun, merupakan upaya menjaga kemaslahatan bersama, nilai-nilai keteladanan dan melayani kepentingan umum. Karena itu, pendidikan kebangsaan dan demokrasi menjadi kritikal di eral milenial ini, agar anak muda paham hak dan kewajibannya secara berkarakter, bukan model buzzer," kata Dimas dalam Diskusi Kolaborasi Positif bersama sejumlah pimpinan komunitas anak muda Kota Surabaya, Minggu (16/1).

Mantan stafsus Kantor Kepresidenan ini mengajak anak-anak muda untuk aktif terlibat dan kritis terhadap momen dan kebijakan yang terkait kepentingan anak muda dan kepentingan publik secara keseluruhan.

Bisa melalui ruang-ruang politik formal maupun media sosial yang sehari-hari digunakan.

"Kepentingan anak muda bukan hanya soal kesempatan kerja semata, tetapi juga menyangkut penguatan kapasitas, integritas, dan kepemimpinan. Ekosistem kebangsaan, dinamika sosial politik dan regenerasi yang kondusif serta produktif. Demokrasi menjadi penting bagi anak muda agar kesempatan untuk berkembang dapat terbuka dan dinikmati secara merata seluruh anak bangsa, bukan hanya kelompok elite tertentu," katanya.

Dimas menyatakan saat ini khususnya pada era New Economy dan pascapandemi merupakan eranya kolaborasi, saling berbagi dan keutamaan budi pekerti.

Ketua Perkumpulan Kader Bangsa Dimas Oky Nugroho mengajak seluruh anak muda Indonesia yang merupakan kekuatan demografi terbesar untuk membangun gerakan bersama mengawal zaman transformasi sosial ekonomi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News