Kaya Antioksidan, Manfaat Cranberries untuk Kesehatan

Kaya Antioksidan, Manfaat Cranberries untuk Kesehatan
Cranberry. Foto: greenblender

jpnn.com - Cranberry merupakan salah satu jenis buah yang berasal dari kelompok beri-berian. Seperti yang Anda ketahui, buah beri kaya akan anti oksidan yang baik untuk peningkatan kesehatan tubuh. Selain itu buah beri juga mengandung vitamin C, potasium, sodium, zinc dan zat besi dalam dosis yang tinggi.

Menurut Dr. Julie Miller Jones, seorang ahli gizi dan profesor emerita gizi di Departemen Keluarga, Konsumen dan Ilmu Gizi di St. Catherine University di St. Paul, Minnesota, ada banyak alasan cranberry baik untuk Anda.

"Sementara manfaat kesehatan saluran kemih telah dikaitkan dengan cranberry selama beberapa dekade, para ilmuwan telah membuat kemajuan dalam menyelidiki peran cranberry dalam aspek seperti memengaruhi mikrobioma usus, mendukung sistem kekebalan tubuh dan melindungi sistem kardiovaskular," kata Miller, seperti dilansir laman SheKnows, Kamis (21/2).

Studi masa depan kemungkinan akan membuka peran baru yang menarik tentang cranberry dan kaitannya dengan kesehatan. Tidak hanya itu, tetapi warna cranberry yang terang-merah membawa fitonutrien yang sehat.

Menurut Cranberry Institute, sebagian besar cranberry dipanen antara bulan September dan Oktober di AS dan Kanada. "Warna merah cerah produk cranberry, baik saus cranberry, koktail jus cranberry, cranberry kering, segar dan beku berarti mengandung fitokimia menguntungkan yang disebut polifenol atau PAC," Jones menjelaskan .

PAC memiliki sifat antibakteri, antiviral, antimikroba, antikarsinogenik, anti-inflamasi dan antioksidan. Sejumlah uji klinis telah mengaitkan senyawa ini dengan kesehatan saluran kemih. Satu hal yang perlu diingat adalah karena cranberry sangat asam, mereka biasanya dinikmati dengan tambahan pemanis.

Meskipun ini adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan jika Anda membatasi asupan gula atau pemanis lainnya, penambahan pemanis ke cranberry tidak memengaruhi efek menguntungkan dari PAC. Misalnya, koktail jus cranberry biasanya mengandung sekitar 27 persen jus cranberry dan mengandung sekitar 36 miligram PAC dalam gelas 10-ons.

Menurut Jones, jumlah ini telah ditunjukkan dalam uji klinis pada manusia secara efektif mengurangi kejadian infeksi saluran kemih berulang. "Efektivitas berbagai produk cranberry dalam melindungi saluran kemih secara sistematis ditinjau dalam artikel baru-baru ini di Journal of Urology. Bukti menunjukkan bahwa cranberry menurunkan jumlah UTI, terutama pada orang dengan UTI berulang," pungkas Jones.(fny/jpnn)


Cranberry kaya akan antioksidan yang baik untuk peningkatan kesehatan tubuh. Selain itu mengandung vitamin C, potasium, sodium, zinc dan zat besi dalam dosis yang tinggi.


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News