Ke-12 Anak Dan Pelatihnya Berhasil Dikeluarkan Dari Gua

Ke-12 Anak Dan Pelatihnya Berhasil Dikeluarkan Dari Gua
Ke-12 Anak Dan Pelatihnya Berhasil Dikeluarkan Dari Gua

Warga Thailand merayakan keberhasilan tim penyelamat mengeluarkan seluruh anggota tim sepak bola remaja Thailand ‘Wild Boar’ dari sebuah gua di Thailand utara, setelah lebih dari dua minggu ke-12 anak laki-laki dan pelatih mereka terperangkap oleh banjir.

Warga di sejumlah kawasan di Utara Kota Chiang Rai Thailand merayakan berakhirnya misi penyelamatan yang dramatis ini dengan membunyikan klakson dan melakukan ‘siaran langsung’ selfie dengan ponsel mereka..

Dibutuhkan tiga operasi misi penyelamatan selama tiga hari bagi tim penyelam professional untuk memandu kelompok anak remaja ini satu demi satu melalui labirin sepanjang 4 kilometer.

Sebagian besar perjalanan menuju pintu masuk gua itu harus melalui air berlumpur yang membekukan yang terbukti menantang bahkan bagi penyelam Angkatan Laut Thailand.

"Kami tidak yakin apakah ini adalah keajaiban, ilmu pengetahuan, atau apa. Seluruh anggota tim sepak bola ‘babi liar (wild boar)’ itu sekarang sudah keluar dari gua," kata seorang anggota AL Navy SEAL Thailand di Facebook.

"Seluruhnya selamat."

Kepala misi penyelamatan Narangsak Osottanakorn bersorak ketika dia memasuki ruang konferensi pers menyusul berakhirnya misi penyelamatan yang sukses ini yang telah berlangsung selama beberapa hari terakhir.

"Kami melakukan sesuatu yang tidak ada seorang pun yang berpikir itu mampu dilakukan," katanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News