Kejagung Pastikan Eksekusi Labora Sitorus Segera Dilaksanakan

Kejagung Pastikan Eksekusi Labora Sitorus Segera Dilaksanakan
Labora Sitorus (kiri). Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Kejaksaan Agung memastikan eksekusi Aiptu Labora Sitorus di Sorong, Papua Barat, akan terlaksana. Kapuspenkum Kejagung Tony Spontana, menegaskan bahwa eksekusi itu tinggal menunggu waktu saja.

"Kalau Labora eksekusi yang di Sorong itu sebetulnya tinggal menunggu waktu ya. Kita tunggu waktu ya. Mungkin hari ini atau besok kita laksanakan," ujar Tony di Kejagung, Senin (16/2).

Dia menegaskan, upaya persuasif sudah dilakukan hingga Minggu (15/2) kemarin.

"Mudah-mudahan hari ini atau besok bisa dilaksanakan," tegasnya.

Dia pun kembali mengungkap bahwa kesulitan mengeksekusi karena Labora menggunakan masyarakat sekitar atau pegawainya sebagai tameng.

"Tentu kita memahami bahwa mereka itu kurang memahami kasusnya seperi apa, sebetulnya Labora ini harus mempertanggungjawabkan secara hukum perbuatan yang dilakukan," katanya.

Menurut Tony, perlu diberikan edukasi kepada masyarakat atau pegawai Labora, sehingga tidak serta merta membela atau menghalangi-halangi eksekusi itu. Dia pun mengatakan, jaksa sebenarnya tidak menghendaki ada kericuhan dalam proses eksekusi.

Dalam eksekusi itu, jaksa mengupayakan akan meminimalisir korban maupun gesekan, konflik dan sebagainya. Diharapkan eksekusi berlangsung aman dan damai. Karenanya, jaksa mengimbau Labora menyerahkan diri secara sukarela.

JAKARTA - Kejaksaan Agung memastikan eksekusi Aiptu Labora Sitorus di Sorong, Papua Barat, akan terlaksana. Kapuspenkum Kejagung Tony Spontana, menegaskan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News