Kelaparan Masih Ancam Yahukimo

Kelaparan Masih Ancam Yahukimo
Kelaparan Masih Ancam Yahukimo
JAYAPURA- Krisis pangan di empat distrik di Kabupaten Yahukimo, Papua masih saja terjadi. Ini terbukti dengan masih ditemukannya warga di empat distrik itu kerawanan pangan akibat gagal panen. Keempat distrik tersebut adalah Distrik Langda, Distrik Bomela, Distrik Suntamon, dan Distrik Serandala.

Kepala Kampung Bomela, Distrik Bomela, Mathias Aruman serta Koordinator Yakpesmi Isak Kipka STh kepada JPNN mengatakan bahwa ada laporan warga yang tak tertolong dan akhirnya meninggal dunia lantaran tidak mendapat makanan yang layak, akibat gagal panen.

Koordinator Yakpesmi Isak Kipka, menambahkan bahwa pihaknya sudah melakukan pemantauan dan menemukan langsung warga yang mengalami kelaparan. Hal itu disebabkan karena makanan khas yang selama ini dikomsumsi oleh warga setempat berupa tanaman ubi tidak bisa tumbuh dengan baik. Sehingga untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, warga terpaksa mengkonsumsi tanaman-tanaman liar yang sangat berisiko, seperti daun ubi jalar, daun labu siam, daun pakis, sayur lilin, duce/lana dan sayur dari hutan lainnya.

 

Ironisnya, tambah dia, akibat  dari mengkonsumsi tanaman-tanaman tersebut  banyak warga yang terkena diare bahkan keracunan, sehingga banyak dari mereka yang meninggal dunia atau dengan istilah masyarakat setempat telah pergi.

 

JAYAPURA- Krisis pangan di empat distrik di Kabupaten Yahukimo, Papua masih saja terjadi. Ini terbukti dengan masih ditemukannya warga di empat distrik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News