JPNN.com

Kemdiknas Evaluasi Pembangunan Pendidikan

Jumat, 11 Maret 2011 – 17:02 WIB Kemdiknas Evaluasi Pembangunan Pendidikan - JPNN.com
JAKARTA - Guna mendorong percepatan layanan pendidikan, Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) kembali menyelenggarakan Rembuk Nasional Pendidikan (RNP) 2011. Kegiatan tahunan para pemangku kepentingan pendidikan ini akan berlangsung mulai 15 - 18 Maret 2011, di Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan  Kemdiknas, Bojongsari, Depok, Jawa Barat. Sekretaris Jenderal Kemdiknas Dodi Nandika menyampaikan, Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh direncanakan membuka acara pada Rabu, 16 Maret 2011.

RNP 2011 yang mengusung tema "Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Pelaksanaan Misi 5 K Kemdiknas" tersebut, menuntut seluruh kementerian/lembaga dan pemerintah daerah membagi perannya untuk membuat Misi 5 K agar berjalan efektif dan efisien. "Secara lebih komprehensif, maksud dari pertemuan ini sebagai langkah konkrit kita semua dan juga pemda karena pemda pemegang otonomi pendidikan. Kita akan dan harus memacu akses dan mutu pendidikan nasional," terang Dodi di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Jumat (11/3).

Menurutnya,  fokus program Kemdiknas disamping pendidikan karakter bangsa, juga mengenai reformasi di kementerian. Tata kelola organisasi, kata dia, diharapkan lebih transparan, lebih anti korupsi, lebih bersih, dan lebih akuntable. "Ada basis yang kuat tentang bagaimana tata kelola pendidikan itu dibenahi," ujarnya.

Adapun Dodi menyebutkan beberapa tujuan diselenggarakannya RNP 2011. Antara lain,  melakukan evaluasi capaian kinerja pembangunan pendidikan tahun 2010, sosialisasi dan pemantapan pelaksanaan kebijakan, program, kegiatan, dan anggaran pembangunan pendidikan tahun 2011, tersusunnya kebijakan tahunan Kemdiknas 2012, dan yang terakhir adalah untuk penyiapan bahan musyawarah rencana pembangunan nasional yang akan diselenggarakan April 2012.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...