Kemenag Salurkan Bantuan Lagi, Baca Persyaratannya

Kemenag Salurkan Bantuan Lagi, Baca Persyaratannya
Ilustrasi masjid sepi. Foto: ANTARA/Laily Rahmawaty

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 38 masjid akan mendapatkan bantuan peningkatan kapasitas layanan perpustakaan dari Kementerian Agama (Kemenag).

Nantinya, program itu meliputi peningkatan kapasitas sarana prasarana dan literasi keagamaan di perpustakaan masjid.

Plt Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kementerian Agama Ismail Fahmi menyebut tahun 2022 jumlah penerima bantuan sebanyak 38 masjid.

Jumlah itu bertambah dari tahun sebelumnya yang  hanya menjangkau 34 masjid.

“Tahun ini akan ada 38 masjid yang menerima bantuan. Ini adalah tahun kedua, setelah 2021 kemarin ada 34 masjid. Jadi, bertambah 4 masjid. Nantinya masing-masing masjid akan menerima bantuan untuk meningkatkan kapasitas perpustakaan mereka,” kata Ismail di Jakarta, Selasa (18/1).

Dia menjelaskan, penerimaan proposal bantuan dibuka mulai dari 17 Januari sampai 30 April 2022.

Bisa diperpanjang sesuai dengan kebutuhan seperti yang tertulis dalam point 4 pada Surat Edaran Dirjen Bimas Islam No. B-1/Dt.III.I/HM.00/01/2022.

Koordinator Fungsi Kepustakaan Islam, Abdullah Alkholis menjelaskan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi pihak masjid sebelum menyerahkan proposal bantuan, salah satunya masjid tersebut harus memiliki ID Sistem Informasi Masjid (Simas) dan terdata di Elektronik Literasi Pustaka Keagamaan Islam (Elipski).

Kemenag akan menyalurkan bantuan lagi untuk masjid-masjid, silakan baca persyaratannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News