JPNN.com

Kemenakertrans-BI akan Beri Edukasi Khusus bagi TKI

Senin, 01 Agustus 2011 – 16:10 WIB Kemenakertrans-BI akan Beri Edukasi Khusus bagi TKI - JPNN.com
JAKARTA - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) dan Bank Indonesia (BI) telah sepakat untuk menjalin kerjasama dan koordinasi, terutama terkait dengan edukasi untuk kalangan tenaga kerja Indonesia (TKI). Hal itu diwujudkan dengan penandatangan Nota Kesepakatan Bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) tentang Penyelenggaraan Edukasi Keuangan dalam Rangka Pemberdayaan TKI, Senin (1/8).

Penandatanganan kesepakatan ini dilakukan langsung oleh Menakertrans Muhaimin Iskandar dan Gubernur BI Darmin Nasution, di kantor BI, Jakarta. Dalam acara yang dihadiri oleh pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenakertrans, anggota Dewan Gubernur BI, Asosiasi Perbankan dan ketenagakerjaan, serta pejabat di lingkungan BI tersebut, Muhaimin mengatakan bahwa kesepakatan ini dimaksudkan untuk mensinergikan potensi yang dimiliki Kemenakertrans dan BI dalam menyelenggarakan edukasi keuangan dalam rangka pemberdayaan TKI.

"Peningkatan kesejahteraan TKI dan keluarganya perlu dilakukan melalui edukasi keuangan, guna meningkatkan kemampuan mereka dalam melakukan perencanaan keuangan serta pemanfaatan produk jasa keuangan dan perbankan secara bijaksana," terang Muhaimin.

Dengan edukasi keuangan yang baik, lanjut Muhaimin, maka para TKI yang bekerja di luar negeri dapat memanfaatkan penghasilan selama bekerja dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan TKI dan keluarganya melalui perencanaan keuangan dan pilihan produk serta jasa keuangan sesuai dengan kebutuhannya. Muhaimin menambahkan, pemberdayaan TKI melalui edukasi perbankan ini ditekankan pada program-program yang dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para TKI dalam memanfaatkan jasa perbankan, yang nantinya akan berdampak pada meningkatnya kesejahteraan TKI dan keluarganya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...