Kemenakertrans Siap Beri Pelatihan bagi TKI Overstayers

Kemenakertrans Siap Beri Pelatihan bagi TKI Overstayers
Kemenakertrans Siap Beri Pelatihan bagi TKI Overstayers
JAKARTA - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar mengungkapkan bahwa para tenaga kerja Indonesia (TKI) overstayers yang telah dipulangkan ke tanah air, akan segera diberikan pelatihan wirausaha dan modal kerja yang dialokasikan dari dana KUR TKI. Dijelaskannya, para TKI purna beserta keluarganya yang telah diberi pelatihan wirausaha itu, diharapkan (kelak) mampu membuka lapangan kerja baru dan tidak kembali bekerja di luar negeri sebagai TKI informal.

"Para TKI overstayer yang baru pulang dari Arab Saudi, nantinya dapat diikutsertakan mengikuti program pelatihan wirausaha, yang selama ini telah dilaksanakan di 38 kantong TKI di Indonesia," ungkap Muhaimin di Gedung Kemenakertrans, Jakarta, Senin (14/2).

Muhaimin menerangkan, pelatihan kewirausahaan ini nantinya akan disesuaikan dengan minat, potensi masyarakat, serta sumber daya alam yang tersedia di sekitar daerah kantong TKI. Adapun jenis-jenis pelatihan wirausaha yang dilakukan, antara lain meliputi budidaya ayam, sapi dan kambing, usaha konveksi, menjahit, bordir dan lain sebagainya.

Untuk permodalan, lanjut Muhaimin, pihaknya akan meningkatkan peran serta dan kerjasama dengan pihak perbankan dalam program kredit usaha rakyat (KUR) khusus TKI. Bahkan katanya, TKI purna pun berhak mendapat fasilitas KUR berupa kredit usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

JAKARTA - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar mengungkapkan bahwa para tenaga kerja Indonesia (TKI) overstayers

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News