JPNN.com

Kemendikbud Suguhkan Pameran Imersif Affandi, Rasakan Sensasinya

Rabu, 28 Oktober 2020 – 12:38 WIB
Kemendikbud Suguhkan Pameran Imersif Affandi, Rasakan Sensasinya - JPNN.com
Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid. Foto tangkapan layar zoom

jpnn.com, JAKARTA - Para pecinta lukisan karya Maestro Affandi bisa melihat langsung pameran temporer Galeri Nasional Indonesia (GNI). Lukisan-lukisan Affandi tersebut kini disuguhkan dalam pameran Imersif Affandi bertajuk Alam, Ruang, Manusia. 

Pameran ini menampilkan karya-karya Affandi dengan 98 lukisan dalam sajian proyeksi gambar bergerak atau video mapping projection dengan iringan musik dan suara yang menyuguhkan pengalaman imersif pengunjung dalam memasuki dunia lukisan Affandi.

Pameran Imersif Affandi yang merupakan rangkaian Pekan Kebudayaan Nasional 2020 ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud melalui Galeri Nasional Indonesia, didukung oleh Museum Affandi, OHD Museum, Indonesian Visual Art Archive, dan Indonesian Heritage Society.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Hilmar Farid mengatakan, Affandi adalah perupa penting dan berpengaruh dalam perkembangan seni rupa modern Indonesia. Affandi kerap disebut sebagai representasi seni rupa modern Indonesia di kancah seni rupa internasional.

"Pameran ini merupakan wujud semangat dari para pelaku budaya, mulai dari lembaga budaya, seniman, hingga publik yang mengakses pameran ini, di tengah kondisi pandemi yang serba-tak menentu seperti ini," kata Dirjen Hilmar, Rabu (28/10).

Dia menyebutkan, karya-karya Affandi sebagai salah satu pelukis maestro Indonesia yang disuguhkan dalam pameran ini merupakan materi yang kaya informasi dan inspiratif. Filosofi hidup sang seniman yang menyiratkan daya hidup, kerja keras, dan terus melangkah maju dapat kita tiru untuk menjadi pribadi yang pantang menyerah dalam membangun negeri.

Kepala Galeri Nasional Indonesia, Pustanto mengungkapkan, pameran berlangsung secara luring mulai 27 Oktober hingga 25 November 2020 di Gedung A Galeri Nasional Indonesia dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pengunjung pameran ini diwajibkan untuk melakukan registrasi di laman PKN sebelum berkunjung ke Galeri Nasional Indonesia.

Demi kenyamanan pengunjung, pameran dijadwalkan dalam enam sesi, mulai pukul 10.00 hingga 17.00 WIB. Durasi masing-masing sesi adalah satu jam, dengan maksimal kapasitas pengunjung 20 orang untuk setiap sesinya. (esy/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adil