Kemenhan Buka Lowongan Komcad Kodam Bukit Barisan, Begini Cara Mendaftarnya

Kemenhan Buka Lowongan Komcad Kodam Bukit Barisan, Begini Cara Mendaftarnya
Pengumuman pendaftaran komponen cadangan atau komcad di akun situs Kementerian Pertahanan. Foto: tangkapan layar komcad.kemhan.go.id

jpnn.com, PEKANBARU - Kementerian Pertahanan (Kemenhan) kembali membuka pendaftaran komponen cadangan atau komcad untuk wilayah Kodam I/Bukit Barisan.

Menurut Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara (PSDN), komcad adalah sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan komponen utama, yaitu TNI.

Alokasi untuk Kodam I/Bukit Barisan ialah 500 personel yang dibagikan ke empat komando resort militer (korem), salah satunya Korem 031/Wirabima di Provinsi Riau.

Komandan Korem 031/Wirabima Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung mengatakan pendaftaran untuk komcad itu dilakukan secara daring melalui situs komcad.kemhan.go.id.

Website itu memuat persyaratan bagi pendaftar seleksi komcad, antara lain, warga negara Indonesia, berbadan sehat, berusia 18-35 tahun, berkelakuan baik.

?"Memiliki ijazah pendidikan, surat izin dari orang tua, istri, instansi, atau universitas, serta bersedia mengikuti latihan dasar kemiliteran," ujar Brigjen TNI Parlindungan, Rabu (25/1).

?Pendaftar yang memenuhi persyaratan administratif akan mengikuti dalam seleksi kompetensi yang meliputi uji kesehatan, uji kemampuan, dan uji sikap.

?"Bila lulus dari seleksi kompetensi, calon akan mengikuti pelatihan dasar kemiliteran di Rindam I/BB Pematang Siantar dan Pusdilatpassus Batujajar (Jawa Barat, red),” tutur Brigjen Parlindungan.

Terdapat alokasi 500 personel komcad di Kodam I/Bukit Barisan yang pendaftaran untuk proses seleksinya telah dimulai pada 2 Januari 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News