Kemenhub Mengevakuasi Kapal Kargo Kandas di Perbatasan Indonesia - Singapura 

Kemenhub Mengevakuasi Kapal Kargo Kandas di Perbatasan Indonesia - Singapura 
Kapal Tim Aksi Cepat (QRT) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan mengevakuasi kapal kargo MSC Faith di perbatasan Indonesia-Singapura. ANTARA/HO-Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub

jpnn.com - JAKARTA - Kapal kargo MSC Faith kandas di sebelah Pulau Batu Berhanti, Kecamatan Belakangpadang, Kota Batam, Kepulauan Riau, Selasa (31/1) sekitar pukul 20.00 WIB.

Kapal berbendera Liberia tersebut tengah membawa ratusan kontainer menuju Yantian, China, setelah bertolak dari Pelabuhan Singapura.

Tim Aksi Cepat atau Quick Response Team (QRT) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melakukan evakuasi kapal kargo MSC Faith, yang kandas di wilayah perbatasan Indonesia-Singapura tersebut. 

"Kapal kandas karena kondisi cuaca buruk. Oleh karena itu, saya mengimbau kepada semua pengguna transportasi laut untuk selalu mengutamakan keselamatan dan melakukan pemantauan kondisi cuaca secara berkala," kata Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Kementerian Perhubungan Capt Mugen S Sartoto dalam keterangan di Jakarta, Kamis (2/2).

KSOP Kelas I Tanjungbalai Karimun Jon Kenedi mengungkapkan proses evakuasi atau SAR dilaksanakan dengan mengerahkan kapal patroli KNP 366. "Kapal patroli KPLP langsung meluncur ke lokasi kejadian begitu mendapat informasi," ujarnya.

Selain itu, kapal patroli KPLP yang meluncur ke lokasi dan membantu proses evakuasi adalah KN Sarotama dan KN Kalimasada milik Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Tanjung Uban.

Pada saat kejadian, MSC Faith juga terdapat 24 orang kru termasuk kapten kapal yang dievakuasi dalam keadaan selamat.

"Selanjutnya, evakuasi kapal dan survei bawah air untuk mempermudah mengambil langkah dan mengetahui kondisi badan kapal," ujarnya.

Kemenhub mengevakuasi kapal kargo yang kandas di perbatasan Indonesia - Singapura. Kapal itu kandas karena kondisi cuaca buruk.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News