Kemenhub Prediksi Pemudik Balik H+2 Lebaran, Simak Kata Pak Budi Karya

Kemenhub Prediksi Pemudik Balik H+2 Lebaran, Simak Kata Pak Budi Karya
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan pihaknya telah menyiapkan skema pencegahan penyebaran Covid-19 saat arus balik. 

Kemenhub memprediksi 22 persen pemudik akan kembali ke tempat asal pada hari kedua setelah Lebaran.

“Kami membahas tentang rencana kepulangan saudara-saudara kita dari daerah mudik. Dari catatan kami ada 22 persen yang akan balik pada Minggu H 2. Kalau dikuantifikasi kira-kira 3,6 juta, jumlah yang banyak,” ujar Budi dalam keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Senin (10/5) setelah rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo.

Kemenhub mengusulkan dua rencana kepulangan pemudik, yaitu menunda waktu kepulangan dan melakukan tracing secara intensif di beberapa titik lokasi.

Budi juga mengusulkan untuk memberikan testing secara gratis bagi pemudik dengan perjalanan darat dan tracing dalam waktu singkat bagi pemudik yang menggunakan perjalanan udara. 

“Kami mengusulkan dilakukan tracing yang intensif di beberapa tempat yang konsentrasinya besar, katakanlah di Madiun, Ngawi, Surabaya, Solo, Yogya, Semarang, Cirebon, Jakarta, bahkan yang dari Sumatera di Bakauheni dilakukan tracing secara intensif,” tambahnya. (tan/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksi pemudik akan kembali ke tempat asal pada hari kedua setelah Lebaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News