Kemenhub Terus Sosialisasikan PM.108/2017 ke Berbagai Daerah

Kemenhub Terus Sosialisasikan PM.108/2017 ke Berbagai Daerah
Gedung Kementerian Perhubungan. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan terus melakukan sosialisasi PM.108 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek ke berbagai daerah di Indonesia.

Seperti di Jakarta, Bandung, Solo, Yogyakarta, Pekanbaru, Pontianak, Manado dan Bali.

Sosialisasi dilakukan untuk memberi informasi kepada masyarakat terkait peraturan pengganti PM.26 Tahun 2017 yaitu PM.108 Tahun 2017 yang berlaku 1 November 2017.

Adapun substansi materi pada PM.108 Tahun 2017 antara lain argometer taksi, wilayah operasi, kuota, persyaratan minimal lima kendaraan bagi badan usaha, bukti kepemilikan kendaraan, Domisili TNKB, Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT), Peran Aplikator, Stiker Angkutan Sewa Khusus (ASK), Kewajiban Asuransi, Kewajiban Aplikator, Sanksi dan lain sebagainya.

Sedangkan peserta sosialisasi yakni masyarakat, baik pelaku usaha maupun pengguna jasa transportasi sewa khusus.

Menurut Budi, yang menjadi dasar pertimbangan dikeluarkannya peraturan ini adalah memperhatikan bagaimana masyarakat bisa dilayani secara baik dengan adanya kepastian hukum.

“Kami ingin teman-teman mendapat perlindungan. Kalau tidak ada PM 108/2017 maka tidak akan ada perlindungan. Semua yang terdapat dalam peraturan ini adalah untuk keselamatan dan kesetaraan bagi semua pihak,” jelas Budi.

Di tempat terpisah, Sekretaris Jenderal Kemenhub Sugihardjo menjelaskan perlunya ada kesetaraan sehingga tidak terjadi persaingan antara angkutan online dan konvensional.

Sosialisasi dilakukan untuk memberi informasi kepada masyarakat terkait peraturan pengganti PM.26 Tahun 2017 yaitu PM.108 Tahun 2017 yang berlaku 1 November.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News