Kemenko Marves: Target Tol Cisumdawu Harus Selesai Akhir 2021 Sesuai Arahan Presiden

Kemenko Marves: Target Tol Cisumdawu Harus Selesai Akhir 2021 Sesuai Arahan Presiden
Pengoperasian Gerbang Tol Simpang Susun Cileunyi, beberapa waktu lalu. Foto: ilustrasi/Antara.

jpnn.com, JAKARTA - Pembangunan jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) ditargetkan selesai dan beroperasi pada akhir 2021.

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) menilai perlu upaya ekstra untuk mencapai target tersebut.

Sebab, selain terkait percepatan pembangunan pada Proyek Strategis Nasional itu, pembebasan lahan juga masih menjadi masalah.

Asisten Deputi Infrastruktur Dasar, Perkotaan, Sumber Daya Air Kemenko Marves Rahman Hidayat mengatakan, berdasarkan hasil kunjungan lapangan, dari 6 seksi yang ada, 4 seksi Jalan Tol Cisumdawu optimis akan selesai dan fungsional pada akhir 2021.

"Ini harus dituntaskan segera. Semua seksi harus dikebut, walaupun tadi sudah dijelaskan bahwa dari 6 seksi, 4 seksi di antaranya yaitu seksi 1, 2, 3, dan 6 akan selesai pada akhir tahun ini, tapi masih ada seksi 4 dan 5 yang perlu dikebut pengerjaannya dan ini harus segera selesai sesuai arahan Presiden," kata Rahman Hidayat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (7/9).

Rahman menjelaskan, untuk mencapai keberhasilan percepatan pendanaan lahan Tol Cisumdawu ini, LMAN atau Lembaga Manajemen Aset Negara harus lebih bersinergi lagi dengan pihak-pihak terkait.

"Sangat diperlukan turun ke lokasi dalam mempercepat siklus administrasi," tegasnya.

Tol Cisamdawu yang memiliki panjang 62,01 km merupakan kunci untuk memperlancar akses dari Bandung menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Pembangunan jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) ditarget harus selesai akhir tahun nanti.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News