Kemenkumham Tegaskan Komitmen Pemerintah Tuntaskan Kasus HAM

Kemenkumham Tegaskan Komitmen Pemerintah Tuntaskan Kasus HAM
Dirjen Hak Asasi Manusia (HAM) Kemenkumham Mualimin Abdi. Foto; Kemenkumham

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memastikan proses penyelesaian pelanggaran kasus HAM berat masa lalu sudah berjalan di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurut Direktur Jenderal HAM Kemenkumham Mualimin Abdi, pihaknya terus memantau penanganan kasus pelanggaran HAM berat.

Beberapa kasus pelanggaran HAM berat yang dalam proses penyelesaian antara lain peristiwa 1965-1966, kasus Wasior di Wamena, Peristiwa Talangsari di Lampung, hingga penghilangan orang secara paksa. Kini, penyelesaian kasus-kasus itu dalam tahap verifikasi mendalam oleh tim yang melibatkan Ditjen HAM, Komnas HAM, Kejaksaan Agung dan Kemenkopolhukam.
 
“Sedangkan untuk kasus kekerasan HAM Semanggi 1 dan 2 di Jakarta pelakunya sudah dihukum. Dan kejadian kekerasan di Talangsari saat keluarganya ditanya sudah banyak yang lupa atas hal itu,” ujarnya, Jumat (20/10).
 
Mualimin juga menjelaskan mengenai tahapan penyelesaian kasus pelanggaran HAM berat seperti 1965-1966. Dia mengatakan, bila penyelesaiannya melalui mekanisme yudisial sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan HAM, maka sebenarnya belum ada hukum acara untuk mekanisme penyelesaiannya.

Karena itu, solusinya adalah menggunakan Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP). Hanya saja, mekanisme KUHAP juga mengatur setiap satu tindak pidana harus ada alat bukti.

“Dan sekarang  alat buktinya seperti apa seperti kejadian di 1965-1966. Lah, ini kan menjadi masalah,” tuturnya.

Mualimin mengungkapkan, pemerintah sempat berupaya mencari solusi  melalui  UU Nomor 27 Tahun 2004 tentang Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi. Namun, UU itu justru dibatalkan Mahkamah Konstitusi (MK) sehingga tidak ada instrumen atau payung hukum untuk  menyelesaikan kasus pelanggaran HAM berat.

Lebih lanjut Mualimin mengatakan, Presiden Jokowi sedari awal menjabat sebagai kepala negara sudah mulai berupaya menuntaskan masalah pelanggaran HAM berat. Antara lain dengan menggelar rapat terbatas bersama Dirjen HAM, Kejaksaan Agung dan Kemenkopolhukam.

Peserta rapat beranggapan bahwa mekanisme yudisial tetap dimungkinkan untuk menuntaskan kasus pelanggaran HAM berat. Komnas HAM dalam melakukan penyelidikan harus mengirimkan laporan ke Jaksa Agung. 

Sedangkan Kejaksaan Agung tidak serta-merta bisa menindaklanjuti laporan Komnas HAM dengan membawa kasusnya ke pengadilan. Sebab, Kejaksaan Agung harus melalui proses politik di DPR.

Kemenkumham memastikan proses penyelesaian pelanggaran kasus HAM berat masa lalu sudah berjalan di era pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News