Kemenpora Dorong Kerukunan Umat Beragama di ASEAN Melalui AYIC 2021

Kemenpora Dorong Kerukunan Umat Beragama di ASEAN Melalui AYIC 2021
Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Ni’am Sholeh saat membuka kegiatan ASEAN Youth Interfaith Camp (AYIC) di Jakarta (12/10). Foto: Rayki/Kemenpora.go.id

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mendorong kerukunan antarumat beragama di ASEAN dengan menggelar kegiatan ASEAN Youth Interfaith Camp (AYIC).

Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Ni’am Sholeh mengatakan kegiatan AYIC tersebut diharapkan bisa mengembangkan karakter religius serta menumbuhkan rasa saling pengertian dan menghormati antaranggota ASEAN.

"Tujuan AYIC (Asean Youth Interfaith Camp) adalah membangun komitmen melalui perbedaan, termasuk membangun karakter religius di masyarakat serta menumbuhkan rasa saling pengertian dan menghormati,” kata Asrorum Ni'am Sholeh di Jakarta, Selasa (12/10).

Menurut dia, meskipun berbeda agama, berbeda bangsa, kita terikat oleh persaudaraan sebagai manusia.

Acara kali ini mengangkat tema Championing Youth as Agents of Interfaith Harmony. Dia berharap acara ini bisa membangun kapasitas pemuda dan organisasi kepemudaan di kawasan ASEAN.

Hal tersebut dimaksudkan untuk memperkuat kerukunan antaragama melalui komunitas serta memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan hal inisiatif terkait kerukunan agama.

“Meskipun kami bertemu dengan keadaan yang tidak biasa, saya sangat berharap semua peserta pemuda dapat memanfaatkan pertemuan ini sepenuhnya untuk bertukar dan berbagi ide untuk meningkatkan kerja sama lebih lanjut,” pungkas Ni’am.

Saat ini bangsa Indonesia akan merayakan Hari Sumpah Pemuda ke-93 pada 28 Oktober mendatang. Menjelang hari sakral itu, diharapkan bisa membangkitkan semangat para pemuda dan pemudi untuk bangkit di tengah pandemi Covid-19.

Kemenpora Gelar Kegiatan ASEAN Youth Interfaith Camp (AYIC) untuk mengembangkan karakter religius serta menumbuhkan rasa saling pengertian dan menghormati antaranggota ASEAN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News