Kemensos Keluhkan Pemda tak Urus Panti Sosial

Kemensos Keluhkan Pemda tak Urus Panti Sosial
Kemensos Keluhkan Pemda tak Urus Panti Sosial
JAKARTA - Menteri Sosial Salim Segaf Al-jufri mengaku heran dengan kebijakan pemerintah daerah (Pemda) terkait pengelolaan panti sosial. Ada kecenderungan Pemda mengembalikan pengelolaan panti sosial ke Kemensos. Alasannya, daerah tidak memiliki dana lagi untuk merawat panti.

"Saya heran, panti sosial yang sudah diserahkan oleh pusat ke daerah, kini mau dikembalikan lagi. Kan tidak mungkin semuanya ditangani Kemensos," ujar Salim dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR RI, Senin (25/10).

Jika daerah tidak memiliki cukup dana untuk mengelola panti sosial, baik lansia, anak terlantar, yatim piatu, dll, Kementerian Keuangan akan mem-back-up lewat dana APBD. "Penanganan masalah sosial sebenarnya bukan hanya tanggung jawab Kemensos saja. Melainkan tanggung jawab kita bersama," tegasnya.

Dia ikut mengkritisi sikap Pemda yang menolak mengurus panti karena banyak orang luar. Anehnya, ketika diberikan proyek sosial dari pusat, pemda tidak pernah mengembalikan.

JAKARTA - Menteri Sosial Salim Segaf Al-jufri mengaku heran dengan kebijakan pemerintah daerah (Pemda) terkait pengelolaan panti sosial. Ada kecenderungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News