Kementan Ingatkan Petani Soal Kedatangan Fenomena El Nino

Kementan Ingatkan Petani Soal Kedatangan Fenomena El Nino
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Foto Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) meminta para petani di seluruh Indonesia untuk waspada akan datangnya fenomena cuaca El Nino. Pasalnya, Badan Meteorolgi Klimatologi dan Geofiska (BMKG) memprediksi sejumlah kawasan bakal kena dampak fenomena tersebut dalam waktu dekat.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy mengatakan, petani sebaiknya segera berkoordinasi dengan dinas pertanian setempat.

Pasalnya, mereka sudah mempersiapkan tim khusus penanganan kekeringan. Tim khusus ini akan turun ke lokasi-lokasi kekeringan di wilayah sentra produksi padi.

"Adapun tugas dan fungsi dari tim khusus ini melakukan koordinasi dengan pihak terkait, antara lain TNI, Kementerian PUPR serta Pemerintah Daerah setempat," kata Sarwo Edhy dalam keterangannya, Jumat (19/4).

Kemudian, tim khusus juga memetakan permasalahan dan negosiasi penggelontoran air dari bedungan. Lalu, terlibat langsung dalam melaksanakan pengawalan gilir giring air sesuai jadwal yang telah disepakati.

“Secara umum permasalahan kekeringan yang terjadi disebabkan oleh curah hujan yang sedikit dan kondisi penggelontoran debit air dari bendunhan mengalami penurunan,” kata Sarwo Edhy.

Sementara itu, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah meminta petani segera melakukan percepatan masa tanam.

Hal ini bertujuan untuk menghindari dampak El Nino. Selain itu, petani juga disarankan untuk menanam varietas padi berumur pendek dan tahan kering.

Badan Meteorolgi Klimatologi dan Geofiska (BMKG) memprediksi sejumlah kawasan bakal kena dampak fenomena tersebut dalam waktu dekat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News