Kementan Jamin Stok Daging dan Telur Aman di Pasaran

Kementan Jamin Stok Daging dan Telur Aman di Pasaran
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman saat menggelar operasi pasar untuk stabilkan harga telur. Foto humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) menjamin selama Ramadan ini stok pangan utama seperti daging sapi, daging ayam, dan telur ayam ras dalam kondisi aman.

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan I Ketut Diarmita menegaskan, pihaknya akan terus menjaga ketersediaan pasokan produk pangan asal hewan dalam menghadapi hari besar keagamaan dan nasional (HBKN).

"Dari data per pekan pada bulan Mei ini, stok daging sapi adalah 65.410 ton. Sedangkan kebutuhan ada di angka 59.047 ton, jadi masih ada surplus 6.363 ton yang dimiliki,” sebut Diarmita, Minggu (12/5).

BACA JUGA: Kementan Menyinkronkan Data Kelapa Sawit Indonesia Lewat Cara Ini

Kemudian, untuk stok daging ayam yang tersedia adalah 277.910 ton dan kebutuhan masyarakat di kisaran 274.382 ton atau surplus 3.528 ton. Lalu telur ayam ras tersedia 243.510 ton dan kebutuhannya 167.144 ton atau surplus 76.366 ton.

"Kami harapkan dengan ketersediaan stok yang cukup, harga semestinya stabil di pasaran dan konsumen tenang,” tambah Diarmita.

Selain menjaga harga di level konsumen stabil, Kementan juga berkepentingan agar pendapatan peternak terjamin. Peternak akan terus pula dijaga mendapatkan harga yang bagus, sehingga masing-masing pihak nyaman dan menikmati hasil yang bagus. “Makanya kami akan lakukan operasi pasar untuk memantau perkembangan,” imbuh dia.

BACA JUGA: Operasi Pasar Bawang Putih di Jakarta, Kementan Sasar Pedagang Eceran

Kementan menjamin selama Ramadan ini stok pangan utama seperti daging sapi, daging ayam, dan telur ayam ras dalam kondisi aman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News